Sebanyak 461 Jemaah Haji estimasi berangkat tahun 2024 mendapatkan penyuluhan manasik haji sepanjang tahun dari Kementerian Agama Kabupaten Tuban yang digawangi oleh Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah di Asrama Haji Tuban, Selasa (22/8/2023).

Kakankemenag Tuban, Ahmad Munir menyampaikan jemaah haji estimasi berangkat tahun depan diundang sekarang supaya jemaah haji jauh hari dapat mempersiapkan diri mendapatkan ilmu manasik dan menata hati.

Munir juga menyampaikan lingkaran haji yang meliputi pelaksanaan haji di negeri orang sehingga jemaah tidak bisa semaunya seperti di negeri sendiri. Kemudian melibatkan banyak pihak, ragam strata sosial, dilaksanakan satu tempat dan waktu, mengurus banyak orang dan mengelola banyak uang.

Pria tegas ini juga menyampaikan
prinsip-prinsip penyelenggaraan ibadah haji.
“Penyelenggaraan ibadah haji merupakan tugas nasional dan menjadi tanggung jawab pemerintah,” ujarnya.
Prinsip penyelenggaraan haji
bertujuan untuk memberikan pembinaan pelayanan dan perlindungan bagi jemaah haji. “Pelayanan penyelenggaraan haji mengedepankan kepentingan jemaah,
pemenuhan rasa keadilan, kepastian dan profesional,” tuturnya.

Sementara itu, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Tuban, Ashabul Yamin mengatakan acara ini dikemas dalam dua angkatan. “Untuk hari ini dari kecamatan Tuban 133 jemaah, Jenu 53 jemaah, Tambakboyo 25 jemaah, Bancar 26 jemaah, Merakurak 70 jemaah, Kerek 31 Jemaah, Montong 27 jemaah, Singgahan 28 Jemaah, Jatirogo 35 jemaah, Kenduruan 12 jemaah dan Kecamatan Bangilan 21 Jemaah,” paparnya.

Pria asal Palang ini juga memaparkan undangan diambil dari porsi terakhir 1300600 450. “Apabila ada jemaah haji yang nomor porsi sebelum tidak masuk daftar undangan maka kami mohon konfirmasi ke seksi PHU akan kami undang pada kegiatan tanggal 24 Agustus,” ulasnya.

Acara ini juga diisi
materi tentang Penguatan Istitho’ah Kesehatan Haji oleh Kepala Puskesmas Desa Sumurgung Kecamatan Palang dr. Dian Ambarsari. Tampak para peserta mengikuti dengan serius paparan demi paparan yang disampaikan.

Jemaah yang hadir dimohon membawa beberapa persyaratan, fotocopy BPIH setoran awal, fotocopy SPPH, fotocopy E-KTP, fotocopy KK, fotocopy akta nikah atau akte lahir atau ijazah masing-masing 1 lembar. (lai)

Editor: Laidia Maryati

461 Jemaah Haji Estimasi Berangkat tahun 2024 Dapatkan Penyuluhan Manasik Haji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *