Untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan semangat patriotisme dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan RI Kementerian Agama Kabupaten Tuban menggelar gowes yang diikuti oleh ratusan ASN, Sabtu (19/08/2023).

Dalam sambutannya, Kakankemenag Tuban Ahmad Munir mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik panitia dan juga keamanan atas terselenggaranya acara ini. “Juga kepada semua yang hadir yang telah meluangkan waktunya untuk kegiatan ini, dulu para pejuang mempertaruhkan nyawa untuk merebut kemerdekaan dari penjajah, sekarang kita yang tinggal menikmatinya sangat kurang etis kalau sampai tidak hadir untuk sekedar memeriahkan,” ujarnya.

Menurutnya gowes tidak hanya merupakan satu upaya sehat tapi juga refreshing menikmati pemandangan alam sekitar. “Insyaallah dengan begitu menambah syukur kita kepada Allah SWT, selain tubuh kita sehat, gowes ini juga bisa mempererat silaturahmi dan komunikasi yang mungkin belum tentu bisa dilakukan pada kegiatan sehari-hari,” ujar Munir.

Tema HUT ke-78 Kemerdekaan RI adalah “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Diharapkan dengan tema yang digelorakan bisa menambah semangat baru bagi seluruh ASN Kemenag Tuban.

Pria tegas ini mengaku sangat menikmati kegiatan bersepeda karena udaranya sejuk dengan pepohonan dan persawahan yang membentang hijau. Munir juga sangat menikmati karena jalanan yang dilewati cukup asri.

Kegiatan yang mengambil rute
Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo-Letda Sucipto-Jl. SMPN 4- Jl. Sugihajo-Jl. Alfalah- Jl. Sunan Kalijaga dan finish Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo. Menurut Munir, hal itu menjadi bukti Kemenag Tuban sangat serius menjaga kesehatan.

Usai gowes peserta di hibur oleh elektone tunggal dan puluhan hadiah dengan hadiah utama sepeda gunung dari BSI Cabang Tuban. Pada kesempatan tersebut juga dibagikan hadiah dari berbagai lomba sebelumnya.

Sementara itu Kasubag TU Kemenag Tuban, Moh. Qosim menjelaskan, sebelumnya juga dilaksanakan beberapa lomba untuk memeriahkan HUT RI ke-78 tersebut. Diantaranya lomba gapyak beregu, lomba jepit balon beregu, lomba menyeimbangkan bola, estafet kardus dan estafet air. “Lomba-lomba dilaksanakan beberapa kali, dimulai tanggal 4 dan 11 Agustus,” pungkasnya. (lai)

Editor: Laidia Maryati

Tumbuhkan Cinta Tanah Air, Ratusan ASN Kemenag Tuban Gowes Semarakkan HUT RI ke-78

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *