Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Ahmad Munir mengikuti kegiatan Rakor Implementasi Program REP-MEQR (Realizing Education’s Promise-Madrasah Education Quality Reform) yang digagas oleh Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Jatim di hotel Novotel Samator Surabaya, selama 3 hari, 3-5 April 2023.

Acara ini dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram.
“Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Electronic Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (e-RKAM) adalah salah satu upaya penilaian terhadap mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan ditingkat madrasah,” ujar Maram mengawali sambutannya dihadapan Kepala Kemenag se-Jatim.

Kakanwil mengajak upaya menciptakan pendidikan yang berdaya saing, khususnya di Jawa Timur. Pihaknya berharap madrasah semakin bermutu, dari segala sisi, kualitas tata kelola penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah di Kementerian Agama. Disisi lain, Kakanwil meyakini Madrasah hari ini sudah semakin terdepan.

“Banyak guru-guru madrasah sudah mampu menulis buku buku yang telah di cetak di percetakan nasional, ini menandakan guru madrasah literasinya sudah baik, tinggal mengembangkan,” imbuhnya.

Ia berharap kegiatan ini dapat menguatkan sinergitas antar tim, khususnya pada Tim Inti Provinsi (TIP) dan TIK (Tim Inti Kabupaten), khususnya di Jawa Timur.

Menurut pria kalem ini, ada empat komponen yang menyangga pengembang mutu pendidikan madrasah. Pertama, kegiatan e-RKAM berbasis elektronik dan pemberian dana bantuan madrasah.
Kedua, kegiatan penerapan sistem penilaian hasil belajar peserta didik madrasah. Ketiga, kegiatan pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah. Terakhir pengembangan sistem EMIS untuk mendukung data yang berkualitas.
“Data ini selalu menjadi masalah, mari kita hindari input data yang asal jadi, asal cepat,” tuturnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Ahmad Munir berharap kegiatan ini bisa memberikan dampak kepada masyarakat melalui Kementerian Agama Kabupaten/Kota, termasuk Kabupaten Tuban. “Dengan giat ini semoga bisa menjadikan momentum untuk saling belajar, saling bersilaturahmi dan menyamakan persepsi, serta berkolaborasi dalam rangka mengawal kegiatan MEQR dilingkungan Kanwil Kemenag Jawa Timur Tahun 2023,” ujarnya disela acara, Selasa (04/04/2023)

Sebelumnya, pada kesempatan ini, dilakukan juga serah terima Barang Milik Negara yang dialihkan penggunaannya kepada satuan kerja di Kemenag Kota Madiun, Kemenag Kota Batu, Kemenag Kabupaten Malang (MTsN 4), dan Kemenag Pacitan (MIN 1), masing-masing berupa mobil operasional. (Lai)

Editor: Laidia Maryati

Kakankemenag Tuban Ikuti Rakor Implementasi Program REP-MEQR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *