Sejumlah 1.159 siswa Madrasah Ibtidaiyah baik negeri maupun swasta mengikuti ajang Pekan Olahraga dan Seni yang dipusatkan dibeberapa titik lokasi.

Acara dibuka oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Umi Kulsum, saat membuka acara menyampaikan salam dari Kepala Kantor yang berhalangan hadir karena sedang mengikuti pelatihan di Surabaya. “Pimpinan berpesan sangat mensupport acara ini dan sampaikan bahwa tahun ini kita canangkan sebagai tahun prestasi, baik akademik maupun non akademik sesuai dengan hasil rakor di Batu bersama dengan Kepala Kantor, Ketua KKM MI, MTs, MA dan KIRA/IGRA juga Kepala Satker,” ujarnya saat pembukaan di MIN 1 Tuban.

Menurutnya semua peserta harus tetap semangat mengikuti kegiatan porseni meski tidak mendapatkan juara. “Semua sudah juara karena sudah berani tampil mewakili kecamatan dan lembaga, yang penting tetap menjunjung sportivitas dan sudah berusaha menunjukkan minat dan bakat sesuai kemampuan.

Umi menambahkan setelah pelaksanaan porseni tingkat kabupaten harus di lakukan pembinaan secara intensif dan sudah bisa dipetakan dengan asumsi kejuaraan perunggu/perak/emas yang akan dibawa pulang.

Acara di hadiri oleh seluruh Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri, para official dan tentunya semua peserta.

Ketua KKMI, Hudan Mabruri menjelaskan
tujuan dari kegiatan ini adalah
memberikan wadah bagi peserta didik yang memiliki bakat dan minat dalam bidang olahraga dan seni untuk berekspresi, beraktualisasi diri, bertindak sesuai dengan peraturan dan tata tertib yang berlaku. “Sehingga terbangun solidaritas yang kuat sesama peserta didik madrasah se-kabupaten Tuban,” ujarnya saat ditemui Pranata Humas di lokasi lomba, Kamis (16/03/2023)

Tema Porseni MI tahun ini SOKOSEKAT
(Sportif, Kompetitif, Sehat dan Berbakat) menuju Madrasah Mandiri Berprestasi.
Porseni Kabupaten Tuban masing-masing cabang lomba diikuti 19 kecamatan masing-masing kecamatan mengirimkan 61 orang yang terdiri dari 22 peserta putra, 22 peserta putri di tambah 17 official.

Adapun yang dilombakan meliputi lari 80/60 meter, tolak peluru, lompat jauh, bulutangkis, tenis meja, volly ball mini, seni pencak silat dan catur.
Sedangkan cabang seni yang dilombakan MTQ tahfidz, pildacil Bahasa Indonesia, Pildacil Bahasa Arab, Pildacil Bahasa Inggris, kaligrafi, melukis, menyanyi lagu islami dan puisi. (lai)

Editor: Laidia Maryati

Pembukaan Porseni Kabupaten Tuban

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *