Tepatnya 598 ASN Kementerian Agama Kabupaten Tuban serentak mengikuti Suevey Computer Assisted Tes (CAT) Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama. “CAT IPMB kita tempatkan di 5 titik lokasi (tilok) yakni MAN 1, MAN 2, MTsN 1, MTsN 2 dan MTsN 3,” terang Ahmad Munir, Kakankemenag Tuban di sela pemantauan pelaksanaan kegiatan, Selasa (27/12/2022).

Munir sendiri mendapatkan jadwal pada sesi ke dua. Computer Assisted Tes (CAT) Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama (IPMB) 2022 ini merupakan uji kompetensi ASN yang wajib diikuti pada tanggal 27 Desember 2022. “Jika ada ASN yang cuti maka yang bersangkutan dapat mengikuti di lokasi terdekat pada saat cuti, sedangkan bagi yang sakit dibuktikan dengan surat keterangan sakit dari dokter,” terang pria asal Kota Ledre ini.

Masih menurut Munir, ada tiga point penting dari kegiatan ini, pertama Standar Profesionalitas ASN yang mencakup Kualifikasi, Kompetensi, Disiplin dan Kinerja.

Kedua, Indikator Sikap dan Perilaku yang mencakup lima Budaya Kerja Kementerian Agama yaitu Integriatas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab dan Keteladanan.

Ketiga, Indikator Moderasi Beragama yang mencakup Komitmen Kebangsaan, Toleransi, Anti Kekerasan dan penerimaan terhadap tradisi.

Survei IPMB bertujuan untuk mendukung pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024 dan Rencana Strategis Kementerian Agama. Survei juga sebagai upaya mewujudkan sumber daya manusia aparatur yang profesional dan moderat.

Peserta survei dibagi dalam empat sesi. Sesi pertama, dari jam 08.00 sampai 09.30 WIB. Sesi kedua, dari jam 10.00 sampai 11.30 WIB. Sesi ketiga, dari jam 13.00 sampai 14.30 WIB. Dan sesi keempat dari jam 15.00 sampai 16.30 WIB. (lai)

Editor: Laidia Maryati

Ratusan ASN Kemenag Tuban Ikuti Survey CAT IPMB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *