Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban membuka kegiatan Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun di kecamatan Plumpang, didampingi Kasi PHU, Kepala KUA dan Forkopimca setempat, Senin (07/11/2022).

Kakankemenag Tuban, Ahmad Munir mengatakan Kementerian Agama terus berbenah dalam meningkatkan kualitas ibadah haji, diantaranya dengan meningkatkan manasik haji sepanjang tahun, meningkatkan peran pembimbing haji melalui sertifikasi, dan melakukan pembekalan kepada ketua rombongan haji.

“Bimbingan manasik haji sepanjang tahun ini untuk meningkatkan pemahaman jemaah haji terkait dengan materi bimbingan manasik haji, terpenuhi pola bimbingan manasik berbasis ketua rombongan dan ketua regu sehingga nantinya diharapkan jamaah dapat mandiri dan meminimalisir ketergantungan terhadap konsultan atau pembimbing ibadah,” jelasnya.

Pria asal kota Ledre ini juga menyampaikan ada lima hal yang dapat menyebabkan tegaknya ritual manasik haji, pertama
hadirnya hati ketika melakukan ibadah, kedua, memahami apa yang dilakukan,
memuliakan amalan manasik yang dikerjakan, optimisme terhadap peribadatannya dan kelima komitmen dan serius dalam menjalankan ibadah serta malu jika tidak melaksanakannya dengan baik.

Selanjutnya faham penguasaan materi manasik haji, tahu dan faham syarat, rukun dan larangan haji sesuai tuntunan syar’i. “Sehingga berangkat haji menjadi jemaah mandiri, tidak bergantung dengan orang lain atau pembimbing,” ujar Munir.

Sementara itu, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Plumpang, Nurpuat mengatakan, Bimbingan Manasik Haji Mandiri Sepanjang Tahun ini adalah angkatan ke II. “Acara ini angkatan ke II, kami selenggarakan di Aula Kantor MWC NU Kecamatan Plumpang, selain dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Kasi PHU, Forkompimca setempat, Ketua IPHI, Ketua KBIHU Jamiatul Hujjaj NU, Ketua MWC NU, Ketua Organisasi Keagamaan Kecamatan Plumpang, dan Pembimbing Manasik Haji Mandiri sepanjang Tahun,” ulasnya.

Ia menambahkan KUA Kecamatan Plumpang telah melaksanakan Bimbingan Manasik Haji Mandiri Angkatan I, yang dilaksanakan sebanyak 21x pertemuan, yakni pada bulan Oktober 2021 s/d Mei 2022, dan di akhiri dengan pelaksanaan praktek manasik haji di Semarang tepatnya di Masjid Az-Zahra’.

“Bimbingan Manasik Haji Mandiri angkatan I juga dilaksanakan di gedung MWC NU Plumpang yang bersinergi dengan KBIHU Jamiatul Hujjaj NU Plumpang dan juga IPHI Kecamatan Plumpang, kegiatan ini benar-benar di laksanakan secara mandiri dari peserta/jamaah dan oleh peserta/jamaah dan dihadiri sekitar 65 jemaah,” imbuhnya.

Adapun dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah UU no 8 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh, PMA no 13 tahun 2021 tentang Lenyelenggaraan Ibadah Haji Reguler dan PMA no 34 tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja KUA. (lai)

Editor: Laidia Maryati

Kepala Kemenag Tuban Buka Bimsik Haji Sepanjang Tahun di KUA Plumpang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *