Kafilah dari Provinsi Jawa Timur berhasil menjadi juara umum pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-XXIX yang digelar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Acara ini diumumkan saat penutupan MTQ Nasional malam ini, Selasa (18/10/2022) di kawasan Kiram Park.

Pengumuman dibacakan oleh
Ketua Dewan Hakim, KH. Said Agil Husein Al Munawar dan Jawa Timur mendapatkan skor 87, disusul DKI Jakarta, 66 dan Kalimantan Selatan dengan skor 62. Kemudian disusul Jawa Barat, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Kepri, Aceh,
Sumsel dan Jambi dan yang kesepuluh dari Jawa Tengah.
Acara penutupan dilakukan secara resmi oleh Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram, saat dihubungi via telepon mengucapkan selamat kepada para pemenang.
“Selamat dan sukses kepada para pemenang utusan dari Jawa Timur, Ibu Gubernur Jatim, LPTQ Jatim, para pembimbing, pelatih, penggembira dan seluruh masyarakat Jawa Timur yang telah mendukung lahir batin untuk Kafilah MTQ Nasional ke-XXIX tahun 2022 dari Jawa Timur sehingga menjadi Juara Umum,” ujarnya.
Maram berharap, dengan MTQ ini, maka syiar Al-Qur’an akan terus berkumandang dan menjadi berkah.

Sebagaimana yang kita ketahui, Jawa Timur mengirimkan 55 kafilah untuk semua cabang dan berhasil meraih 12 peringkat 1, yakni cabang MHQ 30 juz putri, Tafsir Bahasa Arab Putra, Tafsir Bahasa Indonesia Putri, Tafsir Bahasa Inggris Putra, Tafsir Bahasa Inggris Putri, MKQ Naskah Putra, KTI Al-Qur’an Putri, MFQ Putri, MFQ Putra, MSQ Putri, MTQ Tuna Netra, MTQ Murrotal Dewasa Putra.
Peringkat 2 ada 7 cabang, peringkat 3 ada 4 cabang, lainnya peringkat 4, 5, 6, 7, 13 dan 18 ada 23 cabang.

Ada yang menarik, diantara para kafilah pemenang dari Jawa Timur tersebut, 3 diantaranya dari kabupaten Tuban.
Mereka adalah
Yayuk Siti Khotijah, juara 1 cabang MKTI (Musabaqoh Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an) putri,
Muhammad Bagus Ma’shum, juara 1 Tafsir Bahasa Arab putra dan Rafi’atul Muna, juara 3 Qiraat Sab’ah Mujawwad Dewasa putri.

“Kepada para pemenang jangan cepat berpuas diri, teruslah berusaha untuk menjadi yang lebih baik kedepannya, bagi yang belum berhasil, jangan bersedih, tetap semangat, semoga di even selanjutnya bisa menjadi yang terbaik,” ujar Munir, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban. (lai)

Editor: Laidia Maryati

Kafilah Jatim Juara Umum MTQ Nasional ke-XXIX di Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Mamenag, Zainut Tauhid Sa’adi dalam acara penutupan MTQ Nasional ke-XXIX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *