Kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur melaunching aplikasi Tata Naskah Dinas dalam Genggaman dan Soft Opening HAB ke-77 di aula Kanwil Kemenag Jatim, Jumat (07/10/2022).

Launching Tata Naskah Dinas dalam Genggaman dan Soft Opening HAB ke-77 ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kakanwil Kemenag Jatim di dampingi Kabag TU

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram dalam sambutannya mengatakan pihaknya mengambil start soft opening lebih awal karena kegiatan HAB banyak sekali.
“Kita mulai lebih awal dan perlu kami ingatkan, kita tidak boleh lupa dengan sejarah, para pahlawan dan ulama pendahulu kita, berziarah dengan tokoh-tokoh yang sudah mendahului kita dan usahakan kegiatan HAB di daerah ada santunan,” ujarnya.

Terkait tata naskah dinas, pria asal Gresik ini mengaku pertama di Indonesia dan segera diberlakukan di Kankemenag di Jawa Timur.
“Sesuai pesan Menteri Agama, Gus Yaqut Cholil Qoumas, kita adalah satu gerbong, satu barisan satu komando, dari ratusan bahkan ribuan program yang menjadi prioritas utama adalah moderasi beragama dan toleransi,” paparnya.

Dihadapan para undangan yang terdiri dari Kabag TU, Kabid, Kakankemenag se Jawa Timur beserta Ketua DWP ia berpesan sebentar lagi akan memasuki tahun politik harap berhati-hati terhadap semua perilaku.
“Mohon disampaikan kepada semua jajaran di wilayah kabupaten/kota semua harus cerdas berperilaku, jangan sampai ada pimpinan di daerah yang tidak loyal kepada pimpinan,” sambungnya.

Sejalan dengan apa yang disampaikan Kakanwil Kemenag Jatim, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Jatim, Nawawi menginginkan
Kementerian Agama dikenal semua orang, maka harus merangkul semua stakeholder untuk melakukan lompatan dan program inovasi bersama.
“Kick off di mulai sekarang sebagai pertanda dimulainya HAB Kemenag se-Jawa Timur,” ujarnya.

Ada banyak lomba menyambut Hari Amal Bakti tahun ini, ada kebersihan kantor Kemenag, KUA dan madrasah negeri. Ada reels Instagram dan Tiktok, festival qosidah, turnamen volyball, tenis meja tenis lapangan, bulu tangkis, ada senam moderasi, parade seni dan musik keragaman, fashion day toleransi oleh Kakankemenag beserta istri. “Kemudian ada layanan unggulan, napak tilas, upacara, resepsi dan sunatan massal, semua melibatkan Kemenag se Jatim,” ulasnya.

Pria murah senyum ini bersyukur, Kemenag Jatim sudah melakukan TTE (Tanda Tangan Elektronik) secara serentak mulai Kemenag kab/kota hingga ke KUA dan ini diapresiasi oleh Kemenag Pusat.

“Dan akan melangkah lebih dalam lagi dengan tata naskah dinas melalui telepon seluler, para Kakankemenag dan pimpinan dibawahnya kemanapun bisa cek langsung surat yang masuk melalui telepon seluler, sehingga program Gusmen bisa dilaksanakan, sehingga apa yang dilakukan Kanwil Kemenag Jatim bisa sejalan dengan program Gus Menteri.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Ahmad Munir sangat menyambut baik kegiatan ini. “Kami siap mendukung dan mensukseskan kegiatan HAB, peringatan harus meriah, bermakna walaupun minim biaya,” kata ia.

Terkait Launching Tata Naskah Dinas dalam Genggaman, pria kenyang pengalaman ini sangat gembira.
“Kami Kemenag Kabupaten Tuban sudah melaksanakan pelayanan digital, mulai dari LCKH (Laporan Capaian Kinerja Harian) pegawai sudah online, sehingga pimpinan tinggal ngecek dari smartphone,” ungkapnya.

Demikian juga ada PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) yang di dalamnya memuat aplikasi tata persuratan. “Semua surat masuk dan keluar sudah melalui smartphone sehingga tidak ada kendala ketika pimpinan dinas luar, tinggal menguatkan yang ada, kita sesuaikan dengan program kanwil, dan kami juga sudah mengadakan pendampingan manajemen madrasah berbasis digital serta WhatsApp Auto Respon untuk seluruh KUA, ” pungkasnya. (lai)

Editor: Laidia Maryati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *