Sebanyak 36 kontingen Pekan Olahraga dan Seni Madrasah Diniyah (Porsadin) asal Kabupaten Tuban, Sabtu (03/09/2022) berangkat ke Bondowoso untuk mengikuti Porsadin tingkat provinsi.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tuban mendukung penuh atas diberangkatkannya 36 kontingen utusan Tuban untuk bertanding di Porsadin ke-5 ini.

Ia berharap Kabupaten Tuban bisa membawa pulang kejuaraan. “Kabupaten Tuban punya sejarah, tepatnya 10 tahun silam pada event Porsadin 2012 di Surabaya pernah menjadi juara umum, semoga prestasi itu dapat terulang kembali tahun ini,” harapnya.

Ia yakin 36 peserta akan juara karena mereka yang terbaik di Kabupaten Tuban di tingkat Madrasah Diniyah (Madin), yang dilaksanakan beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Pria low profil ini berpesan kepada seluruh kontingen dan official untuk selalu menjaga nama baik Kabupaten Tuban. “Tetep berlatih dan jaga kesehatan,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, esensi digelarnya Porsadin sebagai sarana untuk menyambung silaturahmi dan menggali potensi seni islami. Tapi menjadi juara merupakan kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Tuban.

Kepala Seksi (Kasi) Pondok Pesantren (Pontren) Kantor Kemenag Tuban, Hadi Sarjono menyampaikan, total yang berangkat ke Bondowoso ada 60 orang. “36 kontingen, sisanya official dan panitia, mereka akan bertanding selama dua hari di Kabupaten Bondowoso,” ujarnya.

Pihaknya optimis 36 peserta itu akan mampu bertanding di tingkat provinsi dan masuk juara. “Utamanya untuk lomba bacaan kitab kuningnya,” imbuhnya.

Adapun ke 16 cabang olahraga yang dilombakan adalah
Tahfidz Juz Amma’,
MQK Safinatunnaja,
Cerdas cermat Diniyah, Pidato bahasa Indonesia,
Pidato bahasa Arab,
MTQ, Murotal Wal Imla’, Kaligrafi, Puisi Islami, Lari sprint 60 Meter, Lari Sprint 80 Meter, Bulu tangkis single, Bulu tangkis double, Tenis meja single, Tenis meja double dan Catur cepat.

Kabupaten Tuban akan mengikuti semua cabor, selain Murotal Wal Imla’.
“Jadi kita mengikuti 15 cabang, semoga dapat berjalan dengan baik, lancar sesuai harapan,” pungkasnya. (lai)

Editor: Laidia Maryati0

Kakankemenag Tuban didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kasubag TU Kemenag Tuban dan Kasi Pontren
Kakankemenag saat diwawancara media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *