Kab.Tuban(Penma)–Sejumlah 494 siswa MI (Madrasah Ibtidaiyah) Kabupaten Tuban kompak meramaikan Kompetensi Sains Madrasah tingkat Madrasah Ibtidaiyah yang dipusatkan di MIN 1 Tuban, Senin (15/08/2022)

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Ahmad Munir dalam arahannya menyampaikan anak-anak MI harus tetap semangat mengikuti kegiatan ini, sesuai dengan semboyan madrasah yang mandiri dan berprestasi. “Madrasah kedepan harus lebih mandiri dan berprestasi, ukir dari sekarang dengan prestasi kalian, pertahankan kepercayaan masyarakat kepada madrasah dengan prestasi anak didik dan kualitas pendidiknya,” ujarnya.

Kakankemenag senior ini juga berpesan supaya peserta bersungguh-sungguh karena membawa nama baik madrasah dengan hasil yang bagus sehingga mampu bersaing ke jenjang selanjutnya di tingkat provinsi dan nasional.

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan keputusan dirjen Pendis nomor 2742 tahun 2022 tentang petunjuk teknis pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2022 dan Keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban nomor 147 Tahun 2022 tentang Susunan Komite Kompetisi Sains Madrasah Ibtidaiyah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban.

Ketua Panitia KSM MI, Ahmad Hudan Mabruri menjelaskan peserta adalah seluruh siswa MI kelas 4, 5 dan 6 sebagai wakil dari lembaga masing-masing. Adapun materi yang dikompetisikan adalah Matematika terintegrasi dan Sains IPA terintegrasi.

“Juara 1 akan mendapatkan sertifikat trophy dan uang pembinaan senilai 1 juta, juara 2 beserta uang 750 ribu dan untuk juara 3 sejumlah 500, untuk juara harapan 1, 2 dan 3 mendapatkan sertifikat dan trofi kejuaraan saja,” paparnya.

Perlu diketahui, 494 peserta terdiri dari mapel matematika 244 peserta dan Sains IPA sejumlah 250 peserta. Seluruh kompetisi dilaksanakan secara online terdiri dari dua sesi dan 26 ruang.
Turut hadir dalam giat ini Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Tuban, Umi Kulsum, Pengawas, Kepala Satker dan Kepala MI. (lai)

Editor: Laidia Maryati

494 Siswa MI Kabupaten Tuban Ramaikan Kompetensi Sains Madrasah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *