KEMENTERIAN AGAMA
KABUPATEN TUBAN

Kakankemenag Tuban Buka MGMP se KKM MTsN 2 Tuban

oleh | Agu 4, 2022 | Uncategorized | 0 Komentar

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Ahmad Munir membuka sekaligus memberikan arahan kepada peserta MGMP se KKM MTsN 2 Tuban di aula gedung Ma’had Type 1, Kamis (04/08/2022).

Dihadapan peserta MGMP Munir menyampaikan MGMP sebagai asosiasi atau himpunan guru memegang peranan strategis untuk meningkatkan dan memperkuat kompetensi guru melalui diskusi dan pelatihan. “Peran utamanya adalah memfasilitasi guru dalam bidang studi yang sama dalam bertukar pendapat dan pengalaman,” ujarnya.

MGMP menurut pria melek IT ini adalah sebagai wadah guru, dapat menjadi wadah vital bagi guru untuk merefom dirinya agar mampu menyiapkan peserta didik yang tangguh, kreatif, kritis dan terampil. “Pendekatan proses pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru tetapi berpusat pada siswa,” timpalnya.

Munir melanjutkan ada beberapa aspek yang diperlukan untuk pengembangan kemampuan profesional guru melalui MGMP. “Sesuatu yang ideal terdiri atas dukungan dari berbagai pihak, jumlah anggota yang ideal, kualifikasi dan kompetensi fasilitator yang dibutuhkan secara ideal, yang bisa diajak kerjasama secara ideal dan peran pengawas yang ideal,” ulasnya.

Dia juga menerangkan hambatan MGMP dan solusinya. Acara ini dihadiri seluruh peserta MGMP se KKM MTsN 2 Tuban. Sebelumnya juga disampaikan sambutan selamat datang oleh Kepala MTsN 2 Tuban, Qomarudin dan Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Tuban, Umi Kulsum. (lai)

Editor: Laidia Maryati

Kakankemenag Tuban Buka MGMP se KKM MTsN 2 Tuban