KEMENTERIAN AGAMA
KABUPATEN TUBAN

Gubernur Jatim dan Plh. Kakanwil Kemenag Jatim Sambut Kedatangan Jemaah Haji Kabupaten Tuban

oleh | Jul 17, 2022 | Uncategorized | 0 Komentar

Ratusan Jemaah Haji kloter pertama asal Kabupaten Tuban pagi ini Minggu (17/07/2022) pukul 07.00 tiba di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Para Jemaah Haji tersebut disambut langsung oleh Gubernur Jawa Timur dan Plh. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Nawawi, Kabid. PHU, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban dan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Para jemaah haji itu landing di Bandara Juanda Surabaya pada pukul 05.58 WIB. Setiba di gedung Muzdalifah Asrama Haji Surabaya pukul 07.00 WIB turun dari bus satu persatu melewati thermal scanner dan pemantauan kesehatan oleh petugas.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa mengucapkan selamat datang kepada seluruh jemaah dan diminta jemaah tetap mematuhi protokol kesehatan.
“Selamat datang kepada para jemaah haji, tetap patuhi protokol kesehatan dan semoga menjadi haji yang mabrur,” ujarnya.

Terkait kesehatan jemaah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Ahmad Munir menjelaskan ada satu orang yang saat ini rawat di RS. Haji karena kecapekan. “Sekarang kondisi ibu Siti Sakdiyah sudah ditangani dan sedang beristirahat,” ujarnya.

Munir menambahkan ada sekitar 110 orang jemaah yang sudah terdata oleh Dinas Kesehatan yang menjalani swab antigen. “10 orang negatif, 2 orang reaktif dengan ciri orang tanpa gejala (OTG) namun ibu gubernur meminta untuk dilakukan test PCR,” ungkapnya.

Pria low profil ini juga mengatakan, saat ini kedua orang tersebut masih berada di klinik Asrama Haji Sukolilo Surabaya dan menunggu hasil dari PCR.

Setelah diterima dan diserahkan kepada Kakankemenag Tuban, Ahmad Munir, Jemaah Haji Kabupaten Tuban
mengambil air zam-zam. “Setelah pengambilan air zam-zam jemaah haji masuk ke bus masing-masing, untuk koper sudah menjadi tanggung jawab panitia kabupaten,” kata ia.

Menurut Munir, jika tidak ada halangan kloter pertama akan tiba di tempat penjemputan Jemaah Haji (Kompi Senapan C 521, jalan Sunan Kalijaga Tuban pukul 15.00 WIB.

“Sedangkan untuk kloter dua gabungan, estimasi landing di Bandara Internasional Juanda Surabaya pukul 12.55 WIB dan diperkirakan sampai Tuban pukul 17.55 WIB,” lanjutnya.

Sementara itu, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Tuban, Ashabul Yamin menerangkan sejumlah mekanisme penjemputan pun juga telah disiapkan, guna mengantisipasi kepadatan para keluarga jemaah haji yang datang untuk menjemput anggota keluarganya yang sudah pulang dari Tanah Suci. “Khusus hari ini, kegiatan CFD (Car Free Day) yang biasa dilaksanakan di sepanjang jalan Sunan Kalijaga diliburkan oleh Pemda kabupaten Tuban,” pungkasnya. (lai)

Editor:Laidia Maryati

Gubernur Jatim dan Plh. Kakanwil Kemenag Jatim Sambut Kedatangan Jemaah Haji Kabupaten Tuban
Jemaah haji mengambil air zam-zam dengan menunjukkan paspor yang sudah dibagi oleh petugas