Seluruh jemaah haji akan melaksanakan ibadah Wukuf di Arafah esok hari, dan mulai siang hari ini waktu Arab Saudi tak terkecuali jemaah haji asal kabupaten Tuban akan bergeser menuju Arafah. Hal itu dikatakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Ahmad Munir, Kamis (07/07/2022) di ruang kerjanya.

“Seluruh jemaah haji asal kabupaten Tuban alhamdulilah dalam keadaan sehat, siang ini akan bergeser ke Arofah untuk melaksanakan wukuf Jum’at besok,” ujarnya. Dan tanggal 5 Juli kemarin mendapatkan support langsung dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram yang sedang bertugas sebagai Petugas Monev Zonasi ibadah haji tahun ini.

Munir mengaku, Kakanwil Kemenag Jatim tidak hanya kali ini menyapa jemaah asal Tuban, tapi sudah ada beberapa kali.
Dalam kesempatan itu, Husnul Maram menyapa langsung kepada para jemaah asal Tuban yang berada di maktab Mahbasjin hotel Safwat Albayt 105. Ia berpesan seluruh jemaah haji perlu memperhatikan poin-poin penting terkait pelaksanaan puncak ibadah haji yang akan dimulai dengan wukuf di Arafah.

Poin pertama, jemaah memperhatikan jadwal pergerakan ke Arafah. Hal ini penting agar jemaah dapat sampai di Arafah sesuai jadwal yang telah ditentukan.
Menurut jadwal rangkaian pelaksanaan puncak Ibadah Haji tahun ini, seluruh jemaah akan dimobilisasi pada 7 Juli 2022 menuju Arafah pada pukul 07.00 hingga 17.00 WAS.

Poin kedua, jemaah diminta untuk membawa barang bawaan secukupnya, seperti pakaian, alat mandi, perlengkapan ibadah, serta obat-obatan menjadi perlengkapan penting yang harus dibawa.

Lalu yang terakhir, demi kelancaran Ibadah Haji dan agar meraih kemabruran, jemaah diharapkan dapat menjauhkan diri dari perilaku serta ucapan yang dapat mengurangi, menghilangkan ibadah dan dapat membatalkan pahala ihram.

Ahmad Munir juga mengharapkan seluruh jemaah haji untuk selalu menjaga kesehatan tubuh agar dalam kondisi fit, sehingga pada pelaksanaan wukuf dan rangkaian kegiatan ibadah haji lainnya dapat berjalan dengan lancar.

Sementara itu, Kasi PHU (Penyelenggaraan Haji dan Umrah) Kemenag Tuban, Ashabul Yamin menambahkan pihaknya terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan semua petugas, sehingga keadaan jemaah asal Tuban terus bisa terpantau. (lai)

Editor: Laidia Maryati

Kakanwil Kemenag Jatim saat mengunjungi maktab Mahbasjin hotel Safwat Albayt 105

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *