KEMENTERIAN AGAMA
KABUPATEN TUBAN

Kakankemenag Tuban Buka Giat Pusaka Sakinah di KUA Palang

oleh | Jun 29, 2022 | Uncategorized | 0 Komentar

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Ahmad Munir membuka Giat Pusaka Sakinah (Program Pusat Pelayanan Keluarga Sakinah) pada KUA Kecamatan Palang yang dipusatkan di Aula Surau Al-Amin Palang, Selasa (28/06/2022).

Dalam kesempatan ini Kepala Kantor memberikan materi tentang mengenal diri dan pasangan serta membangun visi keluarga sakinah. “Tips menjadi istri yang baik diantaranya memberikan sambutan yang manis, senantiasa tampil mewangi dan selalu cantik, memiliki kesetiaan dan ketaatan,” ujarnya.

Selain itu memenuhi perintah suami, memiliki kecemburuan yang terpuji, jika suami marah buatlah dirinya merasa lega, bersyukur dan memberikan apresiasi, merasa puas dengan apa yang telah Allah berikan melalui suami. “Yang terakhir percantiklah dirimu dan rendahkan suaramu,” timpalnya.

Pria asal Bojonegoro ini juga menyinggung tentang kewajiban suami terhadap istri.
“Memberi nafkah, menggauli istri dengan baik, menjaga aib istri, membimbing istri dan memperlakukan istri dengan baik pula,” tandasnya.

Kasi Bimas Islam Kemenag Tuban, Mashari menjelaskan KUA tidak hanya berfungsi formil dalam pencatatan nikah. “Lebih dari itu, KUA memiliki tanggung jawab agar pasangan yang dinikahkan dapat mewujudkan keluarga sakinah,” ujarnya.

Menurut Mashari, kegiatan ini merupakan pilot projek di Kabupaten Tuban. “Tidak semua kabupaten/kota di Jawa Timur memiliki program ini, hanya beberapa saja,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala KUA kecamatan Palang, Haris Rihandoko menjelaskan kegiatan ini diikuti oleh 15 pasang pengantin lama. “Usia pernikahan peserta ada yang baru 5 tahun sampai 35 tahun,” kata ia.

Ada beberapa narasumber dalam kegiatan ini, selain Kakankemenag Tuban, dan Kasi Bimas Islam juga ada Kasubag TU Kemenag Tuban, Moh. Qosim, Pranata Humas Kemenag Tuban, Laidia Maryati, Kepala KUA Kenduruan, Mudaya dan Kepala KUA Jenu, Ahmad Iswoyo.

Adapun materi yang disampaikan seputar membangun visi keluarga sakinah, membangun hubungan dan mengelola dinamika perkawinan, menyusun rencana keuangan keluarga, financial check up dan tujuan keuangan. (lai/irn)

Editor: Laidia Maryati

Kakankemenag Tuban Buka Giat Pusaka Sakinah di KUA Palang
Pembukaan giat pusaka sakinah oleh Kakankemenag Tuban