Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Ahmad Munir memberikan suntikan motivasi kepada ratusan ASN yang dibagi dalam beberapa kelompok. Kali ini diberikan kepada ASN Zona IV, sejumlah 63 orang ASN dari kecamatan Plumpang, Grabagan, Widang, Rengel, Soko dan Parengan di Pendopo Sendang Maibit Rengel, Jumat (24/06/2022).

Menurutnya, lima budaya kerja ASN harus dijadikan ruh dalam setiap pekerjaan. “Prinsip dasar dalam melaksanakan tugas sehari-hari yaitu lima budaya kerja Kementerian Agama, yakni integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan,” ujarnya.

Integritas adalah keselarasan antara hati, pikiran, perkataan, dan perbuatan yang baik dan benar. Kedua, Profesionalitas, yakni bekerja secara disiplin, kompeten, dan tepat waktu dengan hasil terbaik.

Selanjutnya, ketiga, Inovasi adalah menyempurnakan yang sudah ada dan mengkreasi hal baru yang lebih baik. Keempat, Tanggungjawab adalah bekerja secara tuntas dan konsekuen, dan kelima Keteladanan adalah menjadi contoh yang baik bagi orang lain dalam hal ini anak didik.

Pria yang dijuluki bapak PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) ini juga menyampaikan bentuk kompetensi sosial ASN dalam bekerja harus menerapkan welcome together (datang bersama), working together (bekerja bersama), sharing together (berbagi bersama) dan successing together (sukses bersama).

Ia menambahkan, untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia, mantan Kakankemenag Kota Madiun ini mengatakan, sasaran langsung dari program pelatihan dan pengembangan dalam organisasi adalah untuk
meningkatkan kesadaran diri individu atau mindset.
“Kedua meningkatkan keterampilan dalam satu bidang atau lebih dan ketiga meningkatkan motivasi individu untuk melaksanakan tugas atau pekerjaannya secara memuaskan,” terangnya.

Dalam kesempatan ini Ahmad Munir juga menyampaikan arah kebijakan Menteri Agama. “Pertama, penguatan Moderasi Beragama, Layanan digital danbTerciptanya ASN yang Good Government,” ujarnya.

Sementara itu, Kasubag TU Kemenag Tuban, Moh. Qosim mengatakan kegiatan ini dilaksanakan empat angkatan. “Pertama zona I adalah pembinaan ASN induk sejumlah 23 ASN, tanggal 14 Juni, zona II 70 ASN, zona III 63 ASN dan zona IV 64 ASN,” paparnya. Pria asal kota Pudak ini menandaskan walaupun belum bisa mencakup semua ASN Kemenag diharapkan mampu mewakili dan bisa berbagi motivasi yang sudah diterima kepada ASN lainnya. Adapun sumber dana kegiatan ini diperoleh dari dana Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kemenag Tuban. (lai/irn)

Editor: Laidia Maryati

Suntikan Motivasi Ratusan ASN Kemenag Tuban oleh Kepala Kantor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *