Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Ahmad Munir, menyaksikan dan mengikuti prosesi Pengukuhan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) oleh Gubernur Jawa Timur Direktur Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI, Hilman Latief di Asrama Haji Surabaya, Rabu malam (25/05/2022). Turut hadir pada kesempatan ini, Kakanwil Kemenag Jatim, Kabag TU, Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jatim, Kepala Kemenag dan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah se Jawa Timur dan sejumlah undangan lainnya.

“Kabupaten Tuban masuk dalam kelompok terbang (kloter) pertama jamaah calon haji asal Embarkasi Surabaya dijadwalkan berangkat ke Arab Saudi pada Sabtu, 4 Juni 2022, dari Bandara Internasional Juanda Surabaya, jadi tanggal 3 Juni berangkat dari kabupaten Tuban,” ujar Kakankemenag senior ini.

Kakankemenag Tuban berharap seluruh proses ibadah haji mulai keberangkatan ke Tanah Suci hingga kedatangan di Tanah Air para jamaah berjalan lancar dan tertib.
“Di daerah kami terus melakukan tahapan-tahapan proses pemberangkatan jemaah haji, harapan kami semua berjalan lancar dan dimudahkan Allah SWT,” ucap dia.

Husnul Maram, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur dalam sambutannya
menjelaskan total Jawa Timur terdapat 38 kloter yang melalui Embarkasi Surabaya. Kloter awal dari kabupaten Tuban berangkat tanggal 4 Mei dan kloter terakhir Embarkasi Surabaya akan berangkat ke Arab Saudi pada 2 Juli 2022.

“Sedangkan untuk kedatangan jamaah haji dijadwalkan kloter pertama tiba pada 15 Juli 2022 dan kloter terakhir masuk Asrama Haji pada 14 Agustus 2022,” jelasnya.

Husnul Maram juga menjelaskan bahwa di Embarkasi Surabaya total sebanyak 16.967 orang calon haji yang berasal dari 38 kabupaten/kota se-Jatim, ditambah jamaah asal Bali, Nusa Tenggara Timur, Palembang, serta petugas kloter.

Rinciannya, dari seluruh kabupaten/kota se-Jatim sebanyak 16.087 orang, dari Bali 318 orang, NTT 291 orang, Palembang 119 orang, serta petugas kloter 152 orang.

Sebagai informasi, para PPIH Embarkasi Surabaya yang dikukuhkan berasal dari perwakilan sejumlah pihak terkait, antara lain Pemprov Jatim, Kanwil Kemenag Jatim, Kanwil Kemenkumham Jatim, Polrestabes Surabaya, Bea Cukai, Dinas Kesehatan dan sejumlah unsur lainnya.

Pada kesempatan sama, Gubernur Khofifah juga melihat makanan yang akan disajikan kepada jamaah calon haji saat berada di pesawat. Selama sekitar sembilan jam terbang, para jamaah calon haji mendapat makan dua kali, dan sekali disuguhkan makanan ringan. (lai/irn)

Editor: Laidia Maryati

Pengukuhan PPIH oleh Gubernur Jawa Timur
Meal Test oleh Gubernur didampingi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *