KEMENTERIAN AGAMA
KABUPATEN TUBAN

Jelang Keberangkatan CJH 2022, Kemenag Tuban Keliling Bimsik di KUA

oleh | Mei 20, 2022 | Uncategorized | 0 Komentar

Mepetnya waktu keberangkatan jemaah haji Indonesia gelombang I ke Tanah Suci yang direncanakan mulai 4 Juni 2022, membuat
pelaksanaan manasik haji kini akan dilajsanakan 6 kali yakni 4 kali di Kantor Urusan Agama (KUA) dan 2 kali di Kantor Kemenag Kabupaten/Kota.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Ahmad Munir saat memberikan materi Bimbingan Manasik Haji bagi CJH kecamatan Palang dan Widang, di musalla Misbahul Amin, Palang, Jumat (20/05/2022)

“Ada sembilan titik yang akan menjadi titik bimbingan manasik, yakni di kecamatan Palang,
Plumpang, Tuban, Merakurak, Jenu, Rengel,
Soko, Singgahan dan Jatirogo,” ujarnya.

Bimbingan manasik tersebut menurut Munir, dilaksanakan sebanyak 6 kali dengan rincian 4 kali di KUA dan 2 kali dilaksanakan oleh Kemenag. “Untuk pelaksanaan bimbingan manasik haji di KUA kemungkinan akan dipadatkan selama 2 hari namun akan berlangsung sampai sore mengingat waktu yang kian mepet,” ujarnya. Dipersingkatnya bimbingan manasik haji membuat materi akan dibuat lebih padat. “Hal ini bertujuan agar substansinya tetap tersampaikan kepada jemaah haji,” imbuhnya.

Seperti diketahui bersama, keberangkatan jemaah haji Indonesia gelombang I ke Tanah Suci direncanakan akan dimulai pada 4 Juni 2022, termasuk Calon Jemaah Haji dari kabupaten Tuban. “Sehari sebelumnya jemaah sudah mulai masuk asrama haji pada 3 Juni 2022 mendatang,” terangnya.

Menurut Haris Rihandoko, Kepala KUA kecamatan Palang, mengatakan acara hari ini dihadiri oleh seluruh Forkopimca setempat dan diikuti 58 Calon Jemaah Haji dari dua kecamatan. “Ini juga merupakan bimbingan manasik pertama yang diselenggarakan di KUA di kabupaten Tuban untuk CJH tahun ini,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Palang, Breddy Ariyanto mengimbau kepada calon jemaah haji supaya giat ini diikuti dengan seksama dan sampai selesai. Selain itu ia berpesan supaya CJH lebih menjaga diri dan kesehatan untuk persiapan menuju ke tanah suci. “Yang ASN segera mengurus surat keterangan cuti,” kata ia. (lai/irn)

Editor: Laidia Maryati

Jelang Keberangkatan CJH 2022, Kemenag Tuban Bimsik di KUA Palang