KEMENTERIAN AGAMA
KABUPATEN TUBAN

Kakankemenag Tuban Resmikan PTSP, Deklarasi Satuan Pendidikan Madrasah Ramah Anak sekaligus Pembinaan di MIN 2 Tuban

oleh | Mei 19, 2022 | Uncategorized | 0 Komentar

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban meresmikan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu), Deklarasi Satuan Pendidikan Madrasah Ramah Anak sekaligus Pembinaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan MIN 2 Tuban, Kamis (19/05/2022).

Menurut Ahmad Munir, Kakankemenag Tuban, dengan adanya PTSP ini yang paling penting adalah komitmen semua komponen. “Dari Front Office, back office, guru, TU, dan Kepala Madrasah harus saling memiliki kebersamaan dan tanggung jawab terhadap PTSP,” ujarnya.

Ia berharap dengan PTSP Kemenag dan satker dibawahnya akan lebih baik, melakukan pelayanan berbasis digital. “Ini untuk memudahkan kita memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,” timpalnya.

Pria asal kota Ledre ini juga mengingatkan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan harus memiliki beberapa kompetensi. “Ada kompetensi kepribadian, tampilan guru harus meyakinkan,” ujarnya.

Selain itu, kompetensi diri juga harus ditingkatkan, diantaranya dengan banyak membaca. Selanjutnya adalah meningkatkan kompetensi sosial, kompetensi pedagogik, diantaranya harus punya prestasi dan harus inspiratif.

Ia menambahkan, menyongsong abad 21 masuk wilayah bonus demografi. Kemenag harus memulai menuju era itu dari sekarang.
“Sekarang kita tengah menuju era bonus demografi, di mana usia anak produktif sangat banyak, kalau tidak dipersiapkan dari sekarang madrasah akan kerepotan,” ujarnya.

Yang harus disiapkan adalah menanamkan karakter (moral dan kerja), memiliki kompetensi bagaimana bisa mencetak anak untuk berpikir inovatif, kolaboratif, kritis dan obyektif.

Acara ini dihadiri juga oleh Kasi Pendidikan Madrasah, Pengawas, Komite dan seluruh guru. Kepala MIN 2 Tuban, Hudan Mabruri berharap semoga ke depan bisa mewujudkan apa yang menjadi keinginan Kakankemenag Tuban untuk terus memperbaiki layanan kepada masyarakat. “Saat ini PTSP belum memakai aplikasi, kami sangat membutuhkan arahan dan bimbingan dari Kepala Kantor, alhamdulillah kami sudah melaksanakan E-Kinerja sebagaimana arahan Kakankemenag,” pungkasnya. (lai/irn)

Editor: Laidia Maryati

Kakankemenag Tuban Resmikan PTSP, Deklarasi Satuan Pendidikan Madrasah Ramah Anak sekaligus Pembinaan di MIN 2 Tuban