Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Ahmad Munir berpesan agar memberikan pelayanan terbaik untuk anak didik. Hal itu disampaikan di hadapan 35 peserta calon Fasda (Fasilitator Daerah), Kepala Satker dan perwakilan Pengawas
dalam acara Monitoring, Evaluasi dan pembinaan Penguatan Satuan Pendidikan Ramah Anak (SRA) oleh Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Jawa Timur, di gedung PLHUT, Rabu (27/04/2022).

“Hendaknya madrasah selalu berinovasi dan memberikan layanan terbaik kepada anak didik, sehingga anak semaksimal mungkin merasa aman dan nyaman ketika berada di sekolah,” ujarnya.

Monitoring dan evaluasi ini dilakukan oleh Subkordinator Kelembagaan dan Sistem Informasi dari Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Jatim, Trianto. Ia sangat antusias dan percaya Kemenag Tuban akan bisa memberikan contoh kepada kabupaten lain untuk program Madrasah Ramah Anak karena sudah dibuktikan oleh MTsN 1 yang telah menjuarai menjadi Mekolah Ramah Anak (MRA) tingkat Nasional.

Menurutnya untuk mencapai tahapan tersebut harus menerapkan T3MU MESRA, yakni MAU, MAMPU, MAJU 3 M menuju Satuan MRA. “Untuk tahap MAU harus ada SK MRA, SK Tim MRA, Deklarasi, Papan Nama,” lanjutnya. Untuk tahap MAMPU harus memenuhi proses pemenuhan 6 komponen. “Komponen tersebut adalah pelatihan, pendampingan, bimtek, pemantauan, evaluasi dan pelaporan MRA,” ujarnya.

Sedangkan untuk tahap MAJU harus memenuhi 6 komponen MRA, yakni standarisasi MRA, papan nama menuju MRA terstandarisasi dapat mengimbaskan ke satuan lembaga yang lain.
Ia berharap MTsN 1 Tuban dapat menjadi support bagi madrasah lain, terlebih Tuban akan menuju KLA/Kota Layak Anak.

Sementara itu, Kasi Pendidikan Madrasah, Umi Kulsum, dalam laporanya menyampaikan di Kabupaten Tuban ada 614 madarasah yang MAU (tahap awal menuju MRA) menjadi Madrasah Ramah Anak (MRA) sesuai SK yang telah diterbitkan. “Ini juga jumlah madrasah yang mengikuti Bimtek MRA,” ucapnya.

Ia mengimbau calon fasilitatator untuk serius mengikuti bimtek karena nantinya bertugas mengimbaskan dan mendampingi lembaga menuju MRA yang saat ini baru pada tahapan MAU kepada tahapan MAMPU dan MAJU. (YM/KF)

Editor: Laidia Maryati

Kakankemenag Tuban; Berikan Layanan Terbaik Buat Anak Didik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *