KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN TUBAN

Sinergitas Kemenag Tuban, Polres, Stakeholder Terkait dan PCNU Gaungkan Program Sejuta Vaksin

oleh | Apr 20, 2022 | Uncategorized | 0 Komentar

Kakankemenag Tuban, Ahmad Munir, menyampaikan pelaksanaan program sejuta vaksin dalam rapat

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban mendukung penuh program Sejuta Vaksin yang dicanangkan oleh pemerintah, dengan menghadiri secara langsung rapat koordinasi 1 juta Vaksin Booster di aula PDDO Polres Tuban, Selasa, (19/04/2022). Acara yang dipimpin langsung oleh Waka Polres Tuban ini dihadiri oleh Asisten Pemerintahan, Kasdim, Dinas Kesehatan, Sekretaris PCNU, Ketua cabang Pagar Nusa, Ketua cabang Ansor, dan beberapa Badan otonom NU.

Wakapolres Tuban, Kompol Palma Fitria Fahlevi, S.I.P., S.I.K., M.I.K,
menjelaskan pelaksanaan vaksin ini sendiri akan dilaksanakan secara serentak di seluruh daerah di kabupaten Tuban mulai tanggal 21, 22 dan 23 April. “Pelaksanaan akan dilaksanakan disetiap desa setiap hari mulai Kamis 21,22,23 April 2022,siang hari dengan target masyarakat,” ujarnya.
Untuk itu lanjutnya, diperlukan sinergitas semua jajaran untuk bisa sosialisasi pada masing-masing stakeholder.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Ahmad Munir, menjelaskan pihaknya sudah mengawali pelaksanaan program sejuta vaksin di beberapa KUA. “Ada 7 KUA yang sudah melaksanakan dengan total hampir seribu yang sudah tervaksin dari total 2000 yang ditargetkan untuk 20 kecamatan, tentu angka ini bisa naik dan akan melebihi target,” ujarnya.

Adapun yang sudah melaksanakan program vaksin adalah KUA Semanding, Tuban, Rengel, Palang, Soko, Tambakboyo dan Widang.
“Sejak dilaunching oleh Menag dan Menkes tanggal 13 April di pondok pesantren Bayt Alhikmah Pasuruan yang dihadiri seluruh Kakankemenag se Jawa Timur, kami gerak cepat karena pelaksanaan vaksinasi di mulai tanggal 13-25 April,” imbuhnya.

Menurut Menag lanjut Munir, pemerintah telah menargetkan program vaksinasi sebanyak 2 juta orang sehari di tahun 2022. Hal ini direspons Kementerian Agama dengan menyelenggarakan vaksinasi massal di semua level, termasuk dengan menggelar vaksinasi booster. Gerakan vaksinasi hari ini digelar serentak di 11 provinsi. Selain Jawa Timur, vaksinasi dilakukan juga Kanwil Kemenag Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Lampung, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, dan Bali.

“Ini menunjukkan komitmen Kemenag dalam mendukung upaya pemerintah mencapai herd immunity dan memperkuat ketahanan masyarakat,” jelas pria asal Bojonegoro ini. Atas nama Kementerian Agama kabupaten Tuban, ia mengajak para Kepala KUA, Kepala Satker, seluruh madrasah dan pondok pesantren, penyuluh agama, dan seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan vaksinasi dengan proaktif mendatangi pusat-pusat vaksinasi,” pungkasnya. (lai)/ irn)

Editor: Laidia Maryati