Hal itu disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Munir, dalam acara Pembinaan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji & Umrah (KBIHU), di gedung PLHUT Kemenag Tuban, Rabu, (23/02/2022), yang dihadiri oleh Ketua KBIHU se-kabupaten Tuban.

“Jemaah haji tidak hanya paham manasik tapi harus paham dengan hal yang berkaitan dengan pelaksanaan ibadah haji, termasuk ketika berada dalam pesawat, bagaimana beradaptasi selama di dalam pesawat, selama tinggal di hotel, dan lain sebagainya,” ujarnya.
Harapannya KBIHU ikut memberikan pemahaman kepada jemaah mengenai hal tersebut.
“Intinya membantu Kemenag membimbing jemaah tidak hanya seputar manasik tapi juga amaliah sehari hari, dan jangan lupa KBIHU harus melaksanakan standar bimbingan,” imbuhnya

Ia menambahkan sampai saat ini pemerintah Indonesia masih menunggu informasi keberangkatan dari pemerintah Saudi. “Semua KBIHU pasti menginginkan jemaah berangkat, untuk itu jangan cepat mempercayai berita mengenai info seputar haji yang belum jelas sumbernya, semua harus dikoordinasikan terlebih dahulu dengan Kasi PHU atau Kementerian Agama,” pesannya.
Menurut pria asal Bojonegoro ini,
motivasi haji ada 3, pertama karena panggilan Allah, kedua panggilan setan dan yang ketiga panggilan malaikat maut.

Sementara itu, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Tuban, Ashabul Yamin memberikan pemahaman tentang keberadaan KBIHU.
KBIHU adalah mitra dalam penyelenggaraan haji khususnya peningkatan pengetahuan bagi jemaah haji.

“Tugas KBIHU adalah memberikan layanan informasi dan konsultasi tentang haji, memberikan bimbingan manasik di tanah air dan di tanah suci, kemudian memberikan arahan dan motivasi kepada jemaah haji untuk tidak melakukan hal-hal yang dilarang pada saat ibadah haji,” ujarnya.
Untuk itu diperlukan pembinaan dan bimbingan secara intensif agar jemaah haji mampu untuk menunaikan pelaksanaan ibadah haji dengan sempurna. (lai/irn)

Editor: Laidia Maryati

Kakankemenag Tuban berfoto bersama dengan KBIHU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *