Pengukuhan Kelompok Kerja Pengawas Madrasah (Pokjawas) menjadi momentum peningkatan kualitas program pembelajaran agar peran dan eksistensi Pokjawas semakin nyata, khususnya dalam rangka terwujudnya pendidikan yang lebih berkualitas, bermutu, dan berkarakter di kabupaten Tuban.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Sahid, usai mengukuhkan Pokjawas Madrasah di kecamatan Bancar, Kamis (02/09/2021).

“Pembentukan Pengurus Pokjawas ini sudah solid, aktif, semoga dengan kepemimpinan pengurus yang baru saja dilantik ini, Pokjawas semakin baik, menjalin kemitraan dengan siapapun dan menghasilkan guru-guru yang berkualitas, semakin baik dan berkembang lima tahun mendatang,” ungkap Sahid.

Selanjutnya pria berkacamata ini menuturkan tentang tugas pengawas dalam waktu dekat yakni, bulan September sampai Desember adalah waktu PKKM (Penilaian Kinerja Kepala Madrasah). “Membina guru dalam mendesain pembelajaran, memantau madrasah dalam menyiapkan kegiatan PTM (Persiapan Tatap Muka) dan memantau kegiatan 8 standar pendidikan terutama standar pengelolaan dan standar proses,” bebernya. Selain itu juga mendampingi madrasah dalam mengaplikasikan aplikasi Raport Digital Madrasah dan mendampingi madrasah dalam menyiapkan dokumen akreditasi baik yang masuk tahap 3 maupun berikutnya.

Beliau juga mengutip cerita hikmah dari kitab Nashoihul Ibad tentang bagaimana adilnya seorang hakim yang dianalogkan dengan tugas pengawas. “Semua yang dilakukan ada pertanggungjawabannya,” imbuhnya. Sebagai seorang pengawas harus melakukan tugas dengan adil karena pengawas juga layaknya seorang hakim.

Terakhir beliau sangat berharap kepengurusan Pokjawas ini dapat melakukan kegiatan sesuai amanat organisasi. “Organisasi dari anggota oleh anggota dan untuk anggota,” pesannya. Ia menambahkan setelah pengukuhan ini mulailah beraktifitas sesuai AD/ART organisasi semoga kedepan organisasi Pokjawas Madrasah yang dibentuk sesuai keputusan Dirjen Pendis nomor 5851 tahun 2020 tentang kelompok kerja pengawas madrasah berjalan dengan baik dan berkualitas. Sebagai Ketua Pokjawas Madrasah Kemenag Tuban terpilih periode 2021-2025 adalah Muhajir. (Ulfa)

Editor Laidia Maryati

Pengukuhan Kelompok Kerja Pengawas Madrasah oleh Kakankemenag Tuban

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *