KEMENTERIAN AGAMA
KABUPATEN TUBAN

Kemenag Tuban Gelar Doa Bersama

oleh | Jul 2, 2021 | Berita Agama, Layanan Publik | 0 Komentar

Keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Tuban menggelar khotmil qur’an, tahlil dan doa bersama untuk almarhum bapak Athok Illah, Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Jatim dan seluruh ASN Kemenag Tuban yang sudah mendahului menghadap Sang Kholiq, di Mushalla Kemenag, Jumat (02/07/2021).

Khotmil qur’an, tahlil dan doa bersama dipimpin langsung oleh Kakankemenag Tuban, Sahid yang diikuti oleh Kasubag TU, Kasi, Penyuluh dan staf dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya Kakankemenag mengatakan bahwa pembacaan Al qur’an, tahlil dan doa bersama ini merupakan semua amalan yang ditunggu oleh ahli kubur, dan memberi manfaat bagi mereka.

“Keadaan mayit di dalam kuburnya tak lain seperti orang tenggelam yang meminta pertolongan. Ia menunggu doa dari bapaknya, saudaranya dan temannya,” kata ia.

Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Jatim, Athok Illah, telah dipanggil Allah empat hari lalu. Pria santun asal Sidoarjo tersebut dimakamkan di pemakaman umum Dusun Bengkingan Desa Kalirejo Kec. Dringu. Almarhum mengawali pendidikannya di MI Al-Ikhsan Damarsi Buduran (1977), kemudian melanjutkan ke SMP Islam Sidoarjo (1981), MAN Sidoarjo (1984), Fakultas Adab IAIN Sunan Ampel Surabaya (1993) dan S2, PIPS, UN Kanjuruan Malang (2007). Yang kemudian mengawali karirnya sebagai CPNS (1994), Ia pernah menjabat sebagai Kepala KUA Besuk (2000), Kepala KUA Tongas (2007), Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (Kasi PHU) Kemenag Kab. Probolinggo, Kasubbag TU Kemenag Kab. Probolinggo, Kemenag Kota Probolinggo, Kepala Kankemenag Kab. Situbondo, Kabid Urais Binsyar Kanwil Kemenag Jatim dan terakhir Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur.

Dalam organisasi non Pemerintah pernah menjabat sebagai Wakil Ketua PCNU kabupaten Probolinggo, Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) kabupaten Probolinggo dan Anggota Bidang Inventaris Lembaga Wakaf dan Pertanahan Nahdlatul Ulama (LWPNU Jatim) Mas Khidmat 2018-2023.

Kakankemenag Tuban berharap semoga keluarga besar Kemenag Tuban sehat wal afiat. Setelah acara tersebut dilanjutkan Khotmil Qur’an Binnadlor oleh penyuluh baik PNS maupun non PNS (lai/irn)

Editor Laidia Maryati

Kakankemenag Tuban dan Kasi