KEMENTERIAN AGAMA
KABUPATEN TUBAN

MAN 1 Tuban Gandeng ITS Gelar Workshop Robotik

oleh | Jun 18, 2021 | Berita Sosial, Layanan Publik, Media | 0 Komentar

Kab. Tuban (MAN 1). Setelah berhasil menyabet dua kejuaraan sekaligus dalam ajang MRC tingkat Nasional, sebagai tindak lanjut dan upaya mempertahankan prestasi tersebut, MAN 1 Tuban menggelar Workshop Robotik dengan menggandeng ITS, pada hari Rabu dan Kamis, 16-17 Juni 2021.

Workshop dengan materi Pemrograman dan Perakitan Robot Maze Solving, Underwater dan IoT yang dilaksanakan selama dua hari tersebut, diikuti sebanyak lima belas peserta dari kelas X dan XI jurusan ketrampilan. Sepuluh siswa dari kelas XI dan lima siswa kelas X. Pembatasan jumlah peserta kali ini diberlakukan untuk menerapkan protokol kesehatan, mengingat masa pandemi yang masih berlanjut hingga saat ini.

“Program MA Plus Ketrampilan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi mendalam dan menyeluruh,” ujar Kepala MAN 1 Tuban, M. Badar.
Menurutnya robotik merupakan salah satu jenis ketrampilan yang banyak dibutuhkan di era revolusi industri 4.0. “Oleh karenanya, kami bekerjasama dengan lembaga terkait yang kompeten untuk berkontribusi secara nyata dalam mendorong peningkatan mutu lulusan kami sebagai MA Plus Ketrampilan,” paparnya, saat membuka acara workshop pada hari Rabu kemarin.

Sementara itu, guru pembimbing program ketrampilan robotik, Dina Kamila, menjelaskan bahwa terselenggaranya workshop kali ini selain bertujuan untuk membekali siswa dengan keahlian yang dibutuhkan di era revolusi industri 4.0. “Diharapkan siswa mampu mempertahankan prestasi yang pernah diraih, sehingga diajang kompetisi MRC yang akan datang dapat meraih kejuaraan kembali, bahkan lebih baik dari tahun sebelumnya,” jelasnya. (hms)

Editor Laidia Maryati

MAN 1 Tuban Gandeng ITS Gelar Workshop Robotik