Bulan Ramadhan merupakan bulan untuk memperbanyak pundi amal kebaikan. Termasuk amal kebaikan yang dianjurkan pada bulan ini ialah silaturrahim dan bersedekah. Kesempatan ini sangat dimanfaatkan oleh Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) kecamatan Semanding Kabupaten Tuban.

Amal kebaikan kali ini direalisasikan dengan bentuk silaturrahim sekaligus bantuan sosial berbagi Al-Qur’an, mukena dan takjil di Masjid As-Shomad, Dusun Klampok, Desa Bejagung Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Bantuan yang disalurkan berupa paket Al-Qur’an ukuran jumbo, paket mukena dan kurma.

Acara yang mulia ini dimulai dengan sholat dhuhur berjama’ah, dilanjutkan sambutan dan mauidzoh hasanah. Sambutan diawali oleh Penyuluh Agama Islam Fungsional, Kholidah, ia memperkenalkan diri dan menjelaskan tentang tujuan silaturrahim.

Selanjutnya sambutan dari Penyuluh Agama Islam Fungsional senior, Anwar Syaf, dengan memperkenalkan masing-masing dari anggota FKPAI Semanding yang hadir, sekaligus menjelaskan tentang ungensinya bersyukur dalam bentuk lisan atau perbuatan dengan memperbanyak amal sholih.

Sementara itu, ceramah agama disampaikan oleh Ustadz Bahrie Sathibi dengan membawakan satu hadits tentang pentingnya amal sosial untuk mempererat jalinan kekeluargaan antar masyarakat. Tradisi yang sudah terjalin baik di tengah masyarakat perlu ditingkatkan seperti dalam hadits yang artinya: “Shodaqoh makanan, menebarkan salam, sholat malam saat manusia terlelap tidur maka kalian masuk surga”.

Masing-masing juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat sekitar, dewan ketakmiran masjid, para donatur, fasilitator dan semua pihak yang telah mensupport kegiatan ini sehingga kegiatan ini berjalan dengan baik.

Ikut hadir dalam acara tersebut selain PAIF (Penyuluh Agama Islam Fungsional) Semanding Anwar Syaf dan Kholidah, juga dari PAH (Penyuluh Agama Honorer) Semanding yakni Nur Salim, Fariz Mas’udin, Narto, Fadloli, Bahri Satibi, Muhammad Najib dan seluruh jama’ah masjid As-Somad.

Kegiatan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan covid-19, belangsung dengan hikmat, penuh kekhusyu’an dan semangat kekeluargaan. (Khol)

Editor Laidia Maryati

Penyuluh Agama Islam Semanding Berbagi Berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *