Di tengah pandemi covid-19 ini, Pokjaluh Kemenag kabupaten Tuban mengadakan bakti sosial, memberikan bantuan sembako dan uang di 2 titik, dengan sasaran yang berbeda pada waktu yang sama yaitu di kecamatan Palang dan Bancar. Kegiatan ini dilaksanakan Selasa kemarin, (04/05/2021). Baksos titik awal pada komunitas Ikatan Tuna Netra Muslim Indonesia (ITMI) kabupaten Tuban yang sekretariatnya ada di Desa Leran Wetan kecamatan Palang seperti yang disampaikan oleh Laila Rosyida selaku koordinator dan Penyuluh Agama Kecamatan Palang dan Bancar. Bakti sosial di mulai pada pukul 08.30 WIB di hadiri Camat, Kepala KUA setempat dan komunitas ITMI sejumlah 75 orang

Camat Palang, Rahmat, dalam sambutanya menyampaikan ucapan terimakasih dan mengapresiasi kepada Pokjaluh kabupaten Tuban, dan penyuluh honorer yang ikut hadir mendampingi kegiatan tersebut.
“Kita patut bersyukur atas nikmat dan rahmat Allah, pada bulan suci yang penuh berkah kita bisa berbagi, membantu sesama dan berharap semoga kita tergolong orang yang mencintai hamba Allah,” ujarnya. Ia melanjutkan banyak hikmah yang bisa dipetik di antaranya menjalin silaturrahmi dan saling menyayangi, berbagi di bulan suci .

Disisi lain Ketua Pokjaluh Kemenag Tuban, Khoirul Muqim, menyampaikan dan berharap output dari kegiatan ini teman teman ITMI akan senantiasa bisa menerima Pokjaluh, sehingga kelak menjadi awal untuk menjalin komunikasi lebih lanjut sebagaimana program yang telah d rencanakan. “Semoga ada tindak lanjut sesuai tupoksi Penyuluh Agama yaitu pembangunan dalam bidang agama,” kata ia. Pengasuh pondok pesantren Al Ma’shumah Jenu ini memberikan motivasi pada comunitas ITMI agar tetap semangat menjalani hidup dan lebih mendekatkan diri pada Allah karena Allah menciptakan sesuatu itu mempunyai keistemewaan. “Kekurangan bukan menjadi sebab untuk lebih maju bahwa di bulan ramadhan ini menginisiasi teman teman untuk menggapai berkah Ramadhan, menjadi hamba muttaqin,” imbuhnya.

Pada titik ke dua Pokjaluh bersama Penyuluh Agama non PNS kecamatan Bancar mengadakan bakti sosial memberikan bantuan sembako dan uang kepada 8 muallaf di kecamaatan Bancar. Pada kesempatan ini Pokjaluh d dampingi oleh Kepala KUA Bancar, Ainul Yaqin, memberikan bantuan ke rumah muallaf di desa Boncong Bogorejo Bancar. Pria asli Palang ini menyampaikan, pendistribusian bantuan ini sengaja didatangkan ke rumah muallaf, biar tahu kondisi lapangan. Delapan muallaf ini memang sangat membutuhkan perhatian baik sisi sosial ekonomi yang memang menprihatinkan. Selain itu Penyuluh Agama non pns juga sudah melakukan pendampingan dalam hal ibadah kepada delapan muallaf tersebut. Pokjaluh berharap bantuan tersebut semoga bisa bermanfaat. (ros)

Editor Laidia Maryati

Pokjaluh Tuban Bakti Sosial kepada ITMI dan Muallaf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *