KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN TUBAN

Bupati Tuban Kunjungi Stand Pameran Literasi Kemenag Tuban

oleh | Apr 28, 2021 | Uncategorized | 0 Komentar

Bupati Tuban, Wakil Bupati, Kepala Dinas Pendidikan di dampingi Kepala Kemenag Kabupaten Tuban mengunjungi stand pameran literasi Kementerian Agama. Bupati mengapresiasi acara pameran dan festival literasi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan. Hal itu diungkapkan Bupati saat membuka pameran dan festival literasi yang dilangsungkan di Pendopo Krido Manunggal, Rabu (28/04/2021).

Bupati mengaku sangat senang dan bangga dengan hasil karya yang ditampilkan oleh para peserta pameran dan festival literasi tersebut yang dinilai sangat kreatif dan inovatif. Beliau berpesan kepada para penulis, menulis yang belum pernah ditulis, menyederhanakan tulisan yang sudah ditulis tanpa mengurangi subtansi isi dari tulisan tersebut.
“Lalu menguraikan tulisan yang terlalu simpel serta segera
menulis gagasan yang masih berserakan di angan-angan,” papar beliau.

Ditemui usai mendampingi Bupati dan rombongan, Kakankemenag Tuban, Sahid, mengatakan saat ini gerakan membaca sudah sangat berkurang. “Bagaimana menggerakkan anak-anak kita untuk memperkaya literasi membaca,” ujar beliau.
Ia menuturkan ada 319 judul buku yang di tampilkan oleh stand Kementerian Agama. “Itu adalah hasil karya ASN Kemenag Tuban dan sangat kita apresiasi,” kata ia.

Pria humoris ini berpendapat untuk memajukan literasi memang harus punya kreatifitas seperti ini.
Menurutnya, budaya membaca dikalangan masyarakat termasuk pelajar, sejauh ini memang belum menggembirakan. Untuk itu perlu dorongan banyak pihak untuk meningkatkan minat baca. Selain itu perlu pula pemahaman yang lebih pada masyarakat tentang pentingnya membaca.
“Saya berharap melalui pameran dan festival ini bisa meningkatkan budaya membaca,” katanya.

Sementara itu Ketua Tim literasi Kemenag, Hudan Mabruri, menjelaskan pameran ini diikuti oleh semua KKM di semua jenjang termasuk RA (Raudlatul Athfal) mulai pelaksanaan mulai hari ini sampai tanggal 2 Mei 2021. Pameran ini digelar dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional. “Tanggal 2 Mei kita diberikan waktu untuk talk show terkait pendidikan akhlak mulia dan moderasi beragama yang akan disiarkan live oleh radio Pradyaswara dengan narsum bapak Suwarno (Pengawas) dan Yazid mar’i (Guru). (lai/irn)

Editor Laidia Maryati

Bupati Tuban Kunjungi Stand Pameran Literasi Kemenag Tuban
Bupati Tuban saat mengunjungi stand pameran literasi Kementerian Agama Kabupaten Tuban