KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN TUBAN

Kakankemenag Tuban Buka RAT Koperasi Al-Mubarok Kemenag Tuban

oleh | Mar 31, 2021 | Uncategorized | 0 Komentar

Koperasi Al-Mubarok menggelar Rapat tahunan tahun buku 2020 yang ke enam setelah berdirinya Koperasi Pegawai dilingkungan Kementerian Agama Kabupaten Tuban pada tahun 2015. Acara digelar di gedung PLHUT Kemenag Tuban, Rabu (31/03/2021), yang dihadiri oleh Kakankemenag Tuban, Kabid Koperasi Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan kabupaten Tuban, Pengurus Koperasi dan perwakilan anggota. Rapat diselenggarakan dengan peserta sebanyak 30 orang dan anggota lain bisa menyimak secara live streaming di akun YouTube Kemenag.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Sahid, saat membuka acara membeberkan ciri koperasi yang sehat dan baik. “Diantaranya Sisa Hasil Usaha yang meningkat dan pengeluaran menurun,” jelasnya.
Ia menambahkan seluruh anggota juga harus aktif menabung dan aktif pinjam, koperasi memiliki anggota yang aktif dan rajin belanja di koperasi. “Tidak ada kredit macet, pejabat menjadi teladan untuk menjadi anggota koperasi dan yang terakhir koperasi sebagai alternatif pinjaman di bank,” ulasnya.

Pria sebagai Penasehat Koperasi ini menghimbau untuk memilih pengawas yang jujur dan amanah, selalu self koreksi dan bermuhasabah saling mengingatkan. Ia berharap dengan adanya rapat ini dapat meningkatkan komunikasi imbal balik antar pengurus dan anggota demi kemajuan koperasi, merasa memiliki koperasi, dan meningkatkan kemampuan pengetahuan anggota tentang koperasi.

Sementara itu, Kepala Bidang Koperasi, Nindi Mawardani dari Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan Kabupaten Tuban dalam sambutannya menyampaikan koperasi sehat adalah yang anggotanya rajin menabung, rajin meminjam dan rajin membayar.
“Sregep nabung, sregep utang dan sregep mbayar,” ujarnya dalam bahasa Jawa.
Selain itu pengurusnya harus amanah, pinter, kober dan bener (amanah, pinter, ada waktu dan benar kerjanya). “Perlu konsistensi bersama untuk memajukan sebuah koperasi,” ujarnya.
Ia juga merasa senang karena RAT hari ini berlangsung sesuai protokol kesehatan, hanya 30 undangan sesuai kapasitas gedung.

Dalam acara ini juga dilaksanakan pemilihan kepengurusan baru masa bakti 2020-2023 dan terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umi Kulsum. Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah ini berharap semoga koperasi ini semakin tahun semakin baik meski belum ada prestasi yang membanggakan.
“Berharap semua ASN bisa menjadi anggota, dari sekitar 635 ASN Kemenag hanya 178 yang ikut sebagai anggota koperasi,” pungkasnya. (lai/irn)

Editor Laidia Maryati

Kakankemenag Tuban Buka RAT Koperasi Al-Mubarok Kemenag Tuban