Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Studio di MAN 1 Tuban

Kab. Tuban, (MAN 1). Pencapaian tujuan Pendidikan Nasional tidak dapat terlepas dari peran guru sebagai ujung tombak pelaksanaan proses pendidikan di dalam kelas. Guru dituntut mampu melaksanakan proses pembelajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan agar tujuan pendidikan dapat tercapai secara maksimal melalui kreativitas guru. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, MAN 1 Tuban menggelar workshop media pembelajaran berbasis studio, Kamis kemarin (18/2/2021).
Tujuan dari workshop ini membentuk sikap dan pikiran guru yang lebih terbuka terhadap penggunaan teknologi informatika dalam poses pendidikan, meningkatkan wawasan dan keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran dan sumber belajar yang sesuai dengan perkembangan jaman dan kebutuhan siswa dalam pembelajaran daring dimasa pandemi saat ini.
Workshop yang dilaksanakan selama dua hari, tanggal 18 dan 19 Februari ini diikuti semua guru, dengan nara sumber DR. Hozairi, S.ST, MT dari ITS dan dibuka oleh Kasi Penma Kantor Kementerian Agama Kab.Tuban.

Menurut kepala MAN 1 Tuban, M. Badar, media pembelajaran berbasis studio adalah media pembelajaran yang memanfaatkan studio sebagai sarana dalam membuat rekaman video pembelajaran yang dilengkapi dengan peralatan yang dibutuhkan dalam membuat media pembelajaran, yang lebih menarik, dan tidak membosankan bagi siswa sesuai dengan perkembangan jaman, sehingga dapat menjadi solusi yang tepat bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. ” Idealnya, para guru MAN 1 Tuban harus mampu menggunakaan media pembelajaran berbasis studio yang sudah disediakan, sehingga pembelajaran secara daring lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa,” jelasnya.

Sementara itu Kasi Penma, Hadi Sarjono, ketika membuka acara ini menuturkan, sebagai madrasah yang hebat, MAN 1 Tuban telah menciptakan ide kreatif dalam meningkatkan kompetensi para guru yang dapat menunjang pembelajaran. “Diantaranya dengan memberikan workshop media pembelajaran berbasis studio, sehingga tidak salah jika MAN 1 Tuban mampu mengantarkan siswanya meraih juara I nasional best design dalam ajang MRC di Jakarta kemarin,” tuturnya. (hms)

Editor Laidia Maryati

Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Studio di MAN 1 Tuban
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *