MAN 1 Tuban Sabet Dua Kejuaraan di Ajang MRC Tingkat Nasional

Dua Tim Robotik siswa MAN 1 Tuban sabet dua kejuaraan sekaligus dalam ajang MRC tingkat nasional di Jakarta, Rabu (10/2/2021). Mereka adalah M. Dikky Darmawan, XI MIPA-4 dan M. Arif Nugroho, XI MIPA-1 melalui Tim Muscle berhasil menyabet juara I tingkat nasional Best Design kategori Amphibious Solar Vehicle (ASV), sedangkan M. Syihabbulmillah, XII MIPA-3 dan Ahmad Yulda Wildanu, XII MIPA-5 melalui tim Armory berhasil memenangkan juara III tingkat nasional Best Point untuk kategori Sumo- IOT dalam Kompetisi Grand Final The Best Madrasah Robotic Competition (MRC) 2020.

Direktur KSKK Madrasah Kementerian Agama, A. Umar, dalam sambutannya pada buku panduan kompetisi menjelaskan, pendidikan madrasah ditujukan untuk membangun landasan bagi berkembangnya potensi peserta didik. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan berbagai program antara lain adalah dalam bentuk kegiatan kesiswaan.
Program Robotic Madrasah Competition (MRC) sebagai ajang kompetisi robot tingkat madrasah ini sudah memasuki tahun ke enam sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2015 di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan. Di tahun keenam ini diharapkan terjadi peningkatan kualitas dan output yang dihasilkan, karena kompetisi Robotik Madrasah merupakan program baru yang menjadi salah satu program unggulan Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Sahid, saat ditemui di ruang kerjanya menyampaikan apresiasi atas capaian yang sudah diraih siswa MAN 1 Tuban. “Selamat dan sukses untuk MAN 1 Tuban yang sudah meraih juara Nasional di ajang MRC di Jakarta, yang membawa nama baik Kanwil Kemenag provinsi Jatim, juga tentunya nama baik Kabupaten Tuban, terus maju dan berprestasi bersama madrasah. Alhamdulillah, tadi malam sudah kami laporkan ke bapak Kakanwil Kemenag Jatim dan beliau memberikan apresiasi atas prestasi siswa MAN 1 Tuban,” jelasnya.
Menurutnya prestasi ini sangat bergengsi, semoga di tahun-tahun mendatang bisa lebih baik lagi.

Menurut Kepala MAN 1 Tuban, M. Badar, ajang kompetisi yang digelar tanggal 8-10 Februari  2021 di Kampus Islam As-Syafiiyah Jakarta ini melombakan tujuh (7) kategori yakni, Internet Of Thinks, Amphibious Solar Vehicle (ASV), Maze Solving, Creative, Underwater, Sumo IOT, dan Line Follower Analog.
MRC merupakan ajang Kompetisi Robotika dan Otomasi tingkat Madrasah se-Indonesia mulai dari menemukan ide, merakit atau merancang, mengoperasikan hingga menemukan teknologi baru di bidang robotika dan otomasi yang dirancang agar memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. “Lomba ini bermanfaat untuk mengembangkan daya nalar dan membangun cara berfikir siswa lebih kreatif dan inovatif,” ujarnya.
Keluarga MAN 1 Tuban sangat bangga dengan anak-anak yang telah berusaha dengan tekun untuk mengikuti lomba. “Semoga prestasi ini dapat menjadi pendorong bagi siswa yang lain dan kalangan madrasah untuk lebih beprestasi,” ucap pria dari Kanor Bojonegoro ini.

Sementara itu, Pembina Robotik, Dina Kamila, merasa sangat bangga bisa membawa siswanya meraih prestasi di tingkat Nasional.
“Ini pertama kali bagi saya membawa anak-anak mengikuti kompetisi robotik, paling tidak pengalaman ini dapat menjadi bekal lebih mengenal medan kompetisi, sehingga harapannya ke depan MAN 1 Tuban konsisten untuk mengikuti lomba robotika, tentunya dengan target bertahan menjadi juara pertama di beberapa kategori yang dilombakan,” ungkapnya. (Hms)

Editor Laidia Maryati

Para pemenang bersama Kepala MAN 1 Tuban
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *