Kab.Tuban (MTsN 2)– Sekitar 300 guru MI, MTs, MA, Kepala Madrasah, Pengawas Madrasah yang aktif sesuai data di Kementerian Agama mengikuti Asesmen Kompetensi Guru(AKG), Asesmen Kompetensi Kepala (AKK), dan Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (AKP) yang dilaksanakan pada 19 s.d 21 November 2020 di titik MTs Negeri 2 Tuban. Peserta yang mengikuti assesmen ini adalah guru MI, guru Madrasah Tsanawiyah yang mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA Terpadu, Bimbingan Konseling; guru Madrasah Aliyah yang mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Bimbingan Konseling; Kepala Madrasah (termasuk kepala RA); dan pengawas sekolah pada madrasah.
Kegiatan asesmen ini dilaksanakan di lima lokasi Tempat Asesmen Kompetensi (TAK), dan kelima lokasi tersebut adalah MAN 1 Tuban, MTsN 1 Tuban, MAN 2 Tuban, MTsN 2 Tuban dan MTsS lslamiyah Banat Senori. Assesmen dibagi dalam 3 sesi, untuk kamis dan sabtu sesi 1 pukul 08.00 s.d. 10.00, sesi 2 pukul 11.00 s.d. 13.00, sesi 3 pukul 14.00 s.d. 16.00. sedangkan Jum’at sesi 1 pukul 08.00 s.d. 10.00, sesi 2 pukul 13.00 s.d. 15.00, sesi 3 pukul 16.00 s.d. 18:00.
Bagi guru secara umum asesmen ini bisa memberikan informasi terkait kompetensi yang dimiliki sehingga bisa digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan kompetensinya secara mandiri atau secara bersama-sama. Sedangkan bagi madrasah asesmen ini bermanfaat untuk membantu pengelola untuk mengetahui peta kompetensi guru serta sebagai bahan dalam menyusun rencana pengembangan madrasah terutama dalam meningkatkan sumber daya manusia di madrasah sesuai visi dan misi madrasah.
Assesmen ini merupakan cara untuk memetakan kompetensi guru, kepala dan pengawas madrasah sebagai acuan dalam pembinaan dan pengembangan profesi guru, kepala dan pengawas madrasah.
Ditemui setelah mengikuti asesmen, Jumat (20/11/2020) kepala MTs Negeri 2 Tuban Qomaruddin, menyatakan harapannya semoga asesmen ini menjadi langkah awal para guru untuk meningkatkan kompetensi di bidangnya masing-masing, sehingga bisa berimbas kepada semua anak didiknya.
Dalam kegiatan asesmen hari pertama seorang peserta dari MI tidak datang untuk mengikuti Asesmen dikarenakan sudah meninggal beberapa minggu sebelumnya.
Semoga Allah senantiasa menjaga Azzam kita untuk selalu bisa menyuguhkan yang terbaik untuk murid-murid kita, madrasah kita, bangsa dan negara kita.(Tim Humas MTsN2 Tuban)

Editor: Laidia Maryati

Plt Kasi Penma Hadi Sarjono tengah meninjau lokasi asesmen kompetensi di MTsN 2 Tuban

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *