Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Tuban mengadakan Sosialisasi Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) dan Madrasah Young Researcher Super Camp (MYRES), Senin (14/9). Sosialisasi dimulai pada pukul 10.00 WIB di aula MTsN 2 Tuban. KSMO Tahun 2020 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, meskipun begitu kita harus tetap memberikan kesempatan kepada anak untuk berprestasi. Kegiatan KSM tahun 2020 dilaksanakan dengan menggunakan skema online sehingga disebut sebagai Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO). Adapun bidang yang dilombakan ditingkat MTs adalah Matematika terintergrasi, IPA terpadu terintegrasi, dan IPS terpadu terintegrasi.

Secara khusus KSMO bertujuan untuk menyediakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains, memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spriritual berdasarkan nilai agama, menumbuhkembangkan budaya kompetisi yang sehat dikalangan siswa madrasah, dan memberikan kesempatan menjadi duta Indonesia yang dapat membanggakan bangsa.

Diawali dari KSM tingkat satuan pendidikan yang ditetapkan di madrasah masing-masing, berlanjut ke pendaftaran KSMO tingkat nasional melalui link website KSM yang dimulai tanggal 25 September – 23 oktober 2020, kemudian tes uji coba KSMO di rumah peserta masing-masing atau ditempat yang disediakan oleh madrasah yang akan dilaksanakan pada tanggal 2-3 November 2020, KSMO Nasional dilaksanakan pada tanggal 9-10 November 2020, sedangkan pengumuman pemenang akan diumumkan di website yang sama saat pendaftaran pada tanggal 19 November 2020.

Kepala MTs N 2 Tuban memberikan pengarahan dan motivasi kepada guru pembimbing juga peserta yang terpilih sebagai persiapan untuk KSMO tahun ini. KSMO 2020 ini menjadi awal perubahan untuk tahun-tahun yang akan datang, dan kita harus merubah pola pikir kita. Karena dunia tekhnologi akan terus mewarnai kehidupan kita kedepannya. Semoga apa yang kita usahakan hari ini membawa manfaat yang baik untuk esok. (Kayat)

Editor: Laidia Maryati

Kepala MTsN 2 Tuban, Qomaruddin tengah membuka acara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *