Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Jawa Timur, mengadakan kunjungan dan silaturahmi ke Pemerintah Daerah Kabupaten Tuban, Rabu (26/08/2020). Rombongan diterima oleh Kepala Kesbangpol, Kemenag dan Pengurus FKUB Kabupaten Tuban ruang rapat sekda lantai 1 aula Dandang Watjono. Hadir juga dua utusan dari Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jatim, Erni Zebua dan Abdulloh Luqman Al Hamid. Acara dibuka oleh Asisten Pemerintahan & Kesra, Joko Sarwono.

Ketua Kesbangpol Kabupaten Tuban, Didik Purwanto, dalam sambutannya mengatakan sampai saat ini Kabupaten Tuban tetap aman dan tidak ada permasalahan.
Pria asli Tuban ini memaparkan, hal itu dikarenakan warga Tuban selama ini menjaga kerukunan beragama.

Senada dengan Kepala Kesbangpol, Ketua FKUB Kabupaten Tuban, Masduqi NS, mengatakan FKUB Tuban bisa guyup dan bersinergi dengan Pemkab dan Kemenag Tuban. Hal ini di buktikan dengan diberikannya bantuan setiap tahun dan diberikan kantor.

Sementara itu Wakil Ketua FKUB Jawa Timur, Najib Hamid berharap situasi Kabupaten Tuban tetap aman menjelang dan sesudah perhelatan pilkada 2020.

“Tujuan kami datang ke Tuban adalah menjaga dan membina kerukunan umat beragama dalam pelaksanaan Pilkada di Jawa Timur, mengingat hal yang paling gampang digesek adalah tentang agama. FKUB membantu Pemerintah untuk melaksanakan tugas itu. Alhamdulilah, ada gambaran keadaan Tuban aman terkendali. Pemerintah mampu merawat dan memelihara kebhinekaan. Selanjutnya kami juga ingin melakukan konsolidasi organisasi, karena FKUB diperlakukan di tiap daerah tidak sama,” jelasnya.

Kepala Kemenag Tuban, Sahid, ditemui secara terpisah mengatakan betapa pentingnya kerukunan antar umat beragama.

“Sebelumnya saya mohon maaf tidak bisa hadir secara langsung dan sudah mewakilkan kepada Kasubag TU. Dengan adanya FKUB membangun sumber daya untuk saling menghormati dan menghargai, menambah sesuatu yang baik dalam membina kerukunan di daerah dan kiranya juga akan terbentuk suatu ikatan kerja sama yang baik dalam pengembangan kerukunan antar umat beragama. Semoga tahun depan bantuan operasional untuk FKUB dari Kemenag Tuban bisa bertambah,” harapnya.

Ada 19 kota/kabupaten di Jawa Timur yang dikunjungi rombongan berjumlah 9 orang itu. Acara dikemas dengan diskusi dan diakhir diberikan cinderamata dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tuban ke FKUB Jawa Timur, dan dari FKUB Jawa Timur ke Pemda Kabupaten Tuban. (lai)

Penyerahan cinderamata dari Ketua FKUB Jawa Timur kepada Ketua FKUB Kabupaten Tuban

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *