Kakankemenag Tuban, Drs. Sahid, MM mengikuti rapat dinas melalui videokonferensi bersama Kakanwil Kemenag Provinsi Jatim dan 38 Kakankemenag Kab/Kota se Jawa Timur. Hal ini dilakukan agar tetap saling menjaga koordinasi meskipun tidak boleh mengadakan rapat secara massal.

“Meskipun saat ini kondisi physical distancing tetapi koordinasi harus terus berjalan, sehingga pekerjaan-pekerjaan kita juga tetap berjalan dengan baik,” tutur Kepala Kantor, Senin (06/4/2020).

Hal ni dilakukan untuk menghindari pertemuan yang memungkinkan kontak langsung dengan peserta rapat.

“Saat ini kita melakukan ajakan tinggal dirumah, dan menghindari pertemuan yang dihadiri oleh banyak orang. Pertemuan dengan fasilitas IT ini memungkinkan tetap bisa rapat tanpa harus berada dalam satu ruangan. Ini sebagai upaya pencegahan penyebaran dan memutus mara rantai Civid 19, kita lakukan pertemuan dengan fasilitas videokonferensi. Cara seperti ini akan dilakukan hingga keadaan benar-benar kondusif untuk kita dapat kembali melakukan pertemuan tatap muka,” tambahnya.

Rapat dimulai sekitar pukul 10.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 13.30 WIB. Dalam kesempatan itu pria enerjik ini mengajak seluruh Kasi, Pranata Humas dan Koordinator Umum untuk ikut menyimak jalannya rapat.
Kakankemenag Tuban juga melaporkan beberapa hal terkait penanganan pandemi Covid-19 yang sudah dilakukan Kemenag Tuban.

“Diantaranya adalah membuat edaran, dan spanduk tentang pencegahan dan penanganan Covid-19. Menyemprot seluruh ruangan kantor dengan cairan disinfektan, menyediakan tempat cuci tangan dan sabun sebelum masuk kantor. Selain itu terkait dengan sholat Jumat, Bupati Tuban, bapak H. Fathul Huda untuk mengundang pihak-pihak terkait diantaranya ormas Muhammadiyah, NU,Kesbangpol dan MUI untuk mengatur pelaksanaan shalat Jumat. Shalat Jumat tetap dilaksanakan dengan mengedepankan SOP kesehatan. Bupati juga memerintahkan kepada kita agar bacaan khutbah dan surat yang di baca pendek saja serta membaca qunut nazilah.
Selanjutnya saya laporkan kegiatan yang terkait dengan penyelenggaraan pendidikan Kementerian Agama Kabupaten Tuban terus koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban. Untuk semua calon petugas haji dari Kementerian Agama Kabupaten Tuban dari hasil Rapid tes, Alhamdulillah semua dinyatakan negatif,” kata ia.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jatim, Dr. Zayadi, M.Pd.I menjelaskan layanan Kemenag terkait pandemi Covid-19.

“Kebijakan Kemenag siap bersinergi dengan pemerintah daerah.
Untuk kebijakan pendidikan tingkat dasar dan menengah menyesuaikan Dinas Kabupaten setempat, untuk tingkat atas menyesuaikan Dinas Propinsi Jatim. Insyaallah tanggal 8 April nanti bersamaan dengan nisfu sya’ban, mari kita ikut zikir dan munajat semoga Allah segera memberikan pertolongan kepada kita semua sehingga pandemi Covid-19 ini segera bisa berakhir dan insya Allah kita akan bisa memaksimalkan kesempatan beribadah di bulan Ramadan,” pungkasnya. (lai)

Kakankemenag Tuban beserta jajaran kasi mengikuti rapat videoconference dengan Kakanwil Kemenag Provinsi Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *