Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Tuban menuju sekolah adiwiyata menerima kunjungan Tim Adiwiyata tingkat Kabupaten, Kamis (11/3/2020). Bertempat di halaman madrasah, kedatangan Tim Adiwiyata yang beranggotakan empat orang, terdiri dari unsur Dinas Lingkungan Hidup dan Koordinator adiwiyata MTsN 1 Tuban itu mendapat sambutan hangat dari kepala madrasah dan seluruh civitas madrasah yang didampingi oleh komite dan pengawas madrasah.
Ketua Tim Adiwiyata tingkat Kabupaten, Drs. Fauzan, M.Pd menuturkan maksud dari kunjungan yang dilakukan timnya yakni untuk melakukan evaluasi dan pemantauan terhadap sekolah/madrasah binaan peraih Adiwiyata Provinsi, Nasional, dan Mandiri.
Fauzan juga menambahkan kunjungan Tim Adiwiyata tingkat Kabupaten sebagai upaya memberikan penyegaran dan penguatan komitmen untuk terus melestarikan program adiwiyata pada satuan kerja tersebut.
“Saat ini kami sedang melakukan monitoring dan evaluasi pada sekolah maupun madrasah di wilayah Kabupaten Tuban yang memiliki predikat peraih adiwiyata. Tentunya kami ingin memastikan apakah program adiwiyata yang ada di sekolah dan di madrasah tersebut masih terus dijalankan atau malah sebaliknya,” tutur Fauzan.
“Namun maksud kunjungan ini bukan hanya sekadar untuk melakukan pemantauan saja, melainkan kami berusaha membangun komitmen dengan pihak madrasah untuk selalu sigap membudayakan program pendidikan yang berbasis lingkungan dengan melibatkan peserta didik dalam perawatan dan penataan taman, karena adiwiyata bukan sebagai perlombaan yang usai.” tambahnya.
Menyikapi hal tersebut, Kepala MIN 2 Tuban Ahmad Hudan Mabruri merespon positif  atas kegiatan yang berbentuk monitoring oleh Tim Adiwiyata tingkat Kabupaten tersebut. Dirinya menyampaikan bahwa pihak MIN 2 Tuban terus berupaya semaksimal mungkin dalam melestarikan lingkungan melalui pembelajaran dan pembiasaan.
“Meskipun saat ini konsentrasi madrasah masih tertuju pada kegiatan PTS (Penilaian Tengah Semester), namun upaya pelestarian lingkungan melalui program adiwiyata tidak bisa disepelekan, mengingat hal tersebut telah melekat pada visi-misi dan program yang ada di MIN 2 Tuban.” ujar Hudan Mabruri.
“Mengenai program pendidikan berbasis lingkungan yang melibatkan peserta didik yang dibawa oleh Tim Adiwiyata tingkat Kabupaten, saya berharap hal ini dapat mewujudkan madrasah yang memiliki peserta didik berkarakter, peduli terhadap lingkungan, dan berbudaya hidup bersih, dan semoga madrasah mampu menjalankan program adiwiyata sampai tingkat nasional,” tutup Hudan Mabruri.
Selanjutnya, Tim melihat segala macam aktifitas sekolah dibidang pengolahan lingkungan. Mulai dari penanganan limbah sekolah, kompos, pembibitan, tanaman toga, pengelolaan kantin sehat serta berkas-berkas kurikulum yang terintegrasi dengan lingkungan. Tim juga mendatangi para siswa untuk menghimpun beberapa data tentang pengetahuan dan kesadaran siswa terhadap perilaku kesadaran lingkungan serta visi dan misi madrasah terhadap lingkungan. (Fkh)

Editor : Lai

Tim Adiwiyata tingkat Kabupaten Tuban foto bersama dengan Kepala Madrasah, Komite, dan paguyuban MIN 2 Tuban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *