Siswa MTsN Rengel Ikut Serta Dalam Apel Akbar

Kab. Tuban (MTsN Rengel) Sejak Pagi hari suasana di wilayah Rengel dan sekitarnya mendung menggelayut di langit, namun serasa tidak begitu kuatir akan turun hujan. Sabtu, (22/10) adalah hari yang istimewa bagi seluruh umat Islam diseluruh Indonesia karena ini kali kedua hari santri diperingati setelah tahun 2015 ditetapkan Presiden Republik Indonesia sebagai hari santri Nasional.Dalam rangka memeriahkan Hari santri seluruh siswa MTs negeri Rengel mengikuti apel akbar yang dilaksanakan dilapangan bahagia Rengel, apel ini dikuti oleh ribuan santri seluruh lembaga pendidikan formal dan pondok peantren serta segenap kelompok masyarakat yang ada di kecamatan Rengel.

Pada apel hari santri ini lebih terasa istimewa karena bapak bupati tuban hadir langsung sebagai inspektur apel. Dalam amanatnya beliau Bupati Fathul Huda menyampaikan bahwa peringatan hari santri ini dapat terlaksana dengan baik karena ada sinergi yang baik antara umaro dan ulama serta peringatan hari santri ini adalah bagian dari bentuk kegiatan mengenang jasa para ulama. Sebab adanya hari pahlawan nasional itu terjadi dilatarbelakangi adanya resolusi jihad yang di sampaikan KH Hasyim Asyari untuk melawan penjajah yang datang lagi di bumi Indonesia tepatnya pada pertempuran 10 Nopember di Surabaya. hal yang paling peting kita lakukan adalah bagaimana kita sebagai santri mampu meneladani jiwa keikhlasan para suhada yang berjuang membala tanah air imbuhna mengakhiri sambutan.

Sebelumya pada acara terbut juga dibacakan naskah resolusi Jihad oleh KH Abdus salam Zakaria dan pembacaan ikrar santri oleh KH Damam Huri serta pembacaan Sholawat badar yang dilakukan oleh KH Syakir Ali yang merupakan putra dari KH Ali Mansyur Siddiq yang merupakan penyusun Sholawat badar.

Di akhir acara peserta apel di hibur puluhan grup drumband serta musik tongklek dari santri yang berpartisipasi dalam mendukung dalam acara ini. (sa/tunk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *